HONDA

Ini Penyebab Ikan Lele Menjadi Kanibalisme dan Saling Memangsa, Peternak Wajib Tahu Cara Mengatasinya

Ini Penyebab Ikan Lele Menjadi Kanibalisme dan Saling Memangsa, Peternak Wajib Tahu Cara Mengatasinya

Ini Penyebab Ikan Lele Menjadi Kanibalisme dan Saling Memangsa, Peternak Wajib Tahu Cara Mengatasinya--Instagram.com/ majalahtrubus

RAKYATBENGKULU.COM - Ikan lele adalah ikan air tawar yang memiliki sifat kanibalisme. Sifat kanibal inilah yang akan menjadi salah satu kendala dalam budidaya ikan lele.

Apabila tidak dilakukan pengendalian secara khusus dan cepat, maka hasil panen nantinya tentu akan mengalami penurunan. Serta kerugian yang diakibatkan dari adanya sifat kanibalisme tersebut.

Dengan mengetahui faktor-faktor apa saja yang dapat menyebabkan munculnya sifat kanibalisme pada ikan lele, peternak dapat mengontrol hasil panen tetap berlimpah dan menguntungkan.

Nah, berikut ini beberapa faktor yang menjadi pemicu terjadinya sifat kanibalisme pada ikan lele yang telah dirangkum Rakyatbengkulu.com dari berbagai sumber, antara lain:

BACA JUGA:Ramalan Keuangan Shio di Tahun Ular Kayu 2025: Prediksi Rezeki dan Tantangan Finansial

BACA JUGA:4 Dampak Bulu Kucing bagi Kesehatan yang Perlu Diwaspadai, Terutama Wanita

Penyebab Ikan Lele Saling Memangsa atau Kanibalisme

1. Kepadatan Populasi

Kepadatan ikan yang terlalu tinggi dalam satu area dapat menyebabkan persaingan dan stres, meningkatkan kemungkinan kanibalisme.

2. Perbedaan Ukuran

Ikan lele yang lebih besar mungkin memangsa ikan yang lebih kecil, terutama jika ada perbedaan ukuran yang signifikan di antara mereka.

3. Kekurangan Pakan

Jika pakan tidak cukup atau tidak memenuhi kebutuhan nutrisi, ikan lele mungkin akan memakan sesamanya sebagai alternatif.

4. Kualitas Air

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: