HONDA

BMKG Minta Warga Bengkulu Tidak Panik Terkait Potensi Gempa Megathrust Enggano

BMKG Minta Warga Bengkulu Tidak Panik Terkait Potensi Gempa Megathrust Enggano

Terkait potensi gempa megathrust Enggano, BMKG minta warga Bengkulu tidak panik. --ANTARA/Anggi Mayasari

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Kepahiang mengimbau kepada seluruh masyarakat di Provinsi Bengkulu untuk tidak panik dan tetap waspada terkait potensi gempa Megathrust Enggano dengan magnitudo maksimal mencapai 8,9.

"Mengimbau kepada seluruh masyarakat Provinsi Bengkulu untuk tidak panik terkait isu gempa megathrust, sebab kita tahu bahwa memang Bengkulu potensi kegempaan cukup tinggi," kata Pengamat Meteorologi dan Geofisika Madya BMKG Kepahiang Yoki Gustiawan, dikutip antaranews.com, Rabu, 14 Agustus 2024.

Ia menjelaskan bahwa Provinsi Bengkulu terdapat dua segmen potensi gempa, yaitu Megathrust Enggano dan segmen Megathrust Mentawai - Pagai bermagnitudo 7,9 yang berdampak langsung di Kabupaten Mukomuko dan Kabupaten Bengkulu Utara.

BACA JUGA:Butuh Dana Rp330 Juta – Rp350 Juta, Simak Angsuran di Bank Bengkulu Tenor 15 Tahun

BACA JUGA:Wajib Perhatikan Ini ! Cara Menarik Rem Tangan yang Benar dan Efektif pada Mobil

Jika terjadi gempa Megathrust Enggano, maka dampak yang dapat dirasakan oleh masyarakat berupa tsunami. Namun, diharapkan gempa tersebut tidak terjadi.

"Untuk daerah Bengkulu ada segmen Megathrust Enggano, memang berpotensi berdasarkan kajian yang telah dilakukan," katanya.

"Namun kapan bisa terjadinya, kita tidak tahu. Tapi kita tetap waspada dan selalu berdoa. Sebab semuanya kembali ke Yang Kuasa dan tidak ada yang tahu kapan terjadinya," ujar Yoki.

Dengan adanya potensi tersebut, Yoki mengimbau kepada seluruh masyarakat, khususnya yang bermukim di kawasan pantai, untuk segera mengevakuasi mandiri tanpa harus menunggu aba-aba dari pemerintah atau pihak lain.

BACA JUGA:BPIP Sebut Pelepasan Jilbab Paskibraka untuk Mengangkat Nilai-nilai Keseragaman

BACA JUGA:Adesi Desak Seluruh CPO Produksi Provinsi Bengkulu Diekspor Melalui Pelabuhan Pulau Baai

Serta selalu memastikan bahwa informasi kegempaan benar-benar dari instansi resmi BMKG.

Sementara itu, Pengamat Meteorologi dan Geofisika Muda BMKG Kepahiang Sabar Ardiansyah menjelaskan bahwa Provinsi Bengkulu sejak dahulu hingga saat ini merupakan wilayah aktif gempa dan tsunami.

Karena dilalui zona subduksi megathrust baik di darat maupun lautan terdapat patahan atau sesar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: