HONDA

Sumur Bor TMMD Kodim 0409/Rejang Lebong Mampu Penuhi Kebutuhan Air Bersih Seluruh Kecamatan PUT

Sumur Bor TMMD Kodim 0409/Rejang Lebong Mampu Penuhi Kebutuhan Air Bersih Seluruh Kecamatan PUT

Sumur Bor TMMD Kodim 0409/Rejang Lebong Mampu Penuhi Kebutuhan Air Bersih Seluruh Kecamatan PUT--Badri/rakyatbengkulu.com

 

REJANGLEBONG, RAKYATBENGKULU.COM – Pembangunan sumur bor dalam program TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke-121 Kodim 0409/Rejang Lebong telah rampung 100 persen.

 

Sumur bor ini mampu menghasilkan sekitar 5.000 liter air bersih setiap jamnya, dengan mesin yang dapat beroperasi hingga 15 jam tanpa henti, dan tetap menghasilkan aliran air yang stabil.

 

Sumur bor tersebut memiliki kedalaman 38 meter dan berhasil menemukan sungai bawah tanah, yang diharapkan dapat mengaliri air bersih ke seluruh Kecamatan Padang Ulak Tanding (PUT).

 

Pada Selasa 20 Agustus 2024, Satgas TMMD ke-121 Kodim 0409/Rejang Lebong melakukan uji coba dengan menghidupkan mesin sumur bor selama 15 jam. Hasilnya, aliran air tetap stabil tanpa kendala apapun.

BACA JUGA:Rubero Idol: Mengasah Bakat Bernyanyi Warga Binaan di Rutan Bengkulu

BACA JUGA:Arti Warna Tutup Botol Minuman Kemasan Menurut Filifus Adimas, Siswa Kimia

 

Dansatgas TMMD ke-121 Kodim 0409/Rejang Lebong, melalui Pasi Teritorial Kapten CBA Arif Purwoko, menjelaskan bahwa pada awalnya, pembangunan sumur bor ini ditargetkan hanya untuk memenuhi kebutuhan air bersih bagi 25 kepala keluarga (KK) di Desa Belumai 1 dan 2, Kecamatan PUT.

 

Namun, berkat penemuan aliran sungai bawah tanah, sumur bor ini diperkirakan mampu memenuhi kebutuhan air bersih untuk seluruh Kecamatan PUT.

 

"Dalam 1 jam, sumur bor mampu mengeluarkan air hingga 5.000 liter, dan kita sudah mencoba menghidupkan mesin sumur bor selama 15 jam, dan air yang keluar tetap stabil," terang Kapten CBA Arif Purwoko.

 

Selain pembangunan sumur bor, Satgas TMMD ke-121 Kodim 0409/Rejang Lebong juga telah menyelesaikan kegiatan pipanisasi yang telah selesai 100 persen.

BACA JUGA:7 Manfaat dan Risiko Mengonsumsi Kopi Hitam Setiap Hari

BACA JUGA:7 Cara Memanfaatkan Lahan Pekarangan Rumah untuk Menanam Sayuran

 

Adapun sasaran fisik dan non-fisik yang telah dilaksanakan meliputi:

 

Sasaran Fisik:

 

- Pembukaan badan jalan sepanjang 3,212 kilometer dengan lebar 8 meter

 

- Pengerjaan 7 unit plat duicker

 

Sasaran Non-Fisik:

 

- Pelayanan kesehatan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: