HONDA

Kamu Tidak Percaya Diri? Lakukan 11 Hal Berikut Ini

Kamu Tidak Percaya Diri? Lakukan 11 Hal Berikut Ini

Lakukan 11 hal berikut ini bila kamu tidak percaya diri.--pexels.com

RAKYATBENGKULU.COM – Tahukah kamu percaya diri adalah salah satu sifat penting yang harus dimiliki oleh setiap orang.

Dengan rasa percaya diri ini, kamu bisa menciptakan dan membagikan suatu hal-hal positif, baik untuk diri sendiri maupun untuk orang lain.

Percaya diri itu sangat penting untuk segala aktivitas profesional ataupun  aktivitas yang biasa dilakukan sehari-hari.

Meningkatkan kepercayaan diri ini dapat membantu kamu untuk menjalani kehidupan yang lebih baik dan lebih berkualitas

“Kepercayaan diri ini membantu kita menjadi lebih bisa menghargai diri sendiri, sehingga tidak mudah merasa kurang, minder, ataaupun insecure,” ungkap Iswan Saputro, M.Psi., Psikolog.

Akan tetapi, tidak sedikit orang yang tidak percaya dengan dirinya sendiri. Hal ini tentunya bisa menjadi suatu masalah yang besar.

Jika kamu memiliki perasaan percaya diri, kamu dapat lebih leluasa dan tenang dalam melakukan segala sesuatu dengan potensi dan memiliki keinginan untuk bisa meelakukan yang terbaik meskipun sedang berada dibawah tekanan.

Perasaan tidak percaya diri ini dapat datang atau muncul kepada siapapun, tidak hanya pada para remaja saja melainkan para orang dewasa dan orang tua pun dapat merasakan rasa tidak percaya diri.

Perasaan tersbut biasanya muncul dari diri sendiri atau orang lain, seperti tekanan dari orang luar atau keluarga, pemikiran pada diri sendiri, belum dapat mencintai diri sendiri, sering merasa tidak mampu atau tidak memiliki apapun, dan mendengarkan omongan orang lain.

Perasaan seperti ini, jika dibiarkan terlalu lama maka akan dapat mempengaruhi masa depan dan melukai diri sendiri. Tetapi tidak perlu khawatir, rasa percaya diri ini juga dapat dilatih dan ditingkatkan. 

Penyebab adanya rasa kurang percaya diri ini memiliki beberapa ragam dan berbeda pada setiap orang.

Ada yang rasakurang percaya dirinya karena ia pernah mengalami pengalaman yang buruk, atau pernah mengalami penindasan, maupun trauma.

Ada pula yang kurang percaya diri karena pengaruh pola asuh semasa mereka semasa anak-anak.

Pengalaman yang telah terjadi di masa lalu memang tidak bisa diubah. Namun, ketahui bahwa selalu ada langkah yang bisa dilakukan untuk mengubah pikiran dan ekspektasi Anda sekarang, agar rasa percaya diri dapat meningkat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: