HONDA

Kenyang Lebih Lama, Ini 10 Jenis Makanan yang Membantu Tahan Lapar Tanpa Menyiksa

Kenyang Lebih Lama, Ini 10 Jenis Makanan yang Membantu Tahan Lapar Tanpa Menyiksa

Kenyang Lebih Lama, Ini 10 Jenis Makanan yang Membantu Tahan Lapar Tanpa Menyiksa--Instagram.com/ secangkir.hotto

RAKYATBENGKULU.COM - Makanan yang dapat membuat Anda merasa kenyang namun tetap nyaman adalah makanan yang mengenyangkan dan bergizi.

Makanan tersebut memberikan kepuasan tanpa menyebabkan ketidaknyamanan atau rasa lapar yang cepat datang kembali.

Berikut adalah 10 jenis makanan yang bisa membantu Anda merasa kenyang lebih lama, sambil tetap menikmati cita rasa yang enak.

Informasi ini telah dirangkum oleh Rakyatbengkulu.com dari berbagai sumber.

BACA JUGA:Bukan Sekedar Tren, Kenali 4 Jenis Tanaman Bunga Hias yang Bermanfaat bagi Kesehatan

BACA JUGA:4 Manfaat Menari Bagi Kesehatan, Termasuk Ampuh Hilangkan Stres

1. Oatmeal

Oatmeal adalah sumber serat larut yang sangat baik, terutama beta-glukan yang membantu menjaga rasa kenyang lebih lama. Serat ini juga baik untuk kesehatan jantung, yang bisa dimakan sebagai sarapan dengan tambahan buah-buahan, kacang-kacangan, atau sedikit madu.

2. Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan yaitu seperti almond, walnut, dan kacang merah mengandung protein, lemak sehat, dan serat yang tinggi. Membuat Anda merasa kenyang lebih lama, yang dapat dibuat sebagai camilan yang sehat atau ditambahkan ke salad dan hidangan utama.

3. Telur

Telur memang kaya akan protein dan lemak sehat, yang dapat membantu mengurangi rasa lapar dan menjaga energi. Telur dapat diolah menjadi telur rebus, omelet atau scrambled egg, telur juga bisa ditambahkan ke berbagai hidangan.

4. Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti bayam, kale, dan brokoli rendah kalori dan tinggi serat, yang membantu menambah rasa kenyang tanpa menambah banyak kalori. Sayuran dapat dimakan dalam bentuk salad, smoothie atau sebagai pelengkap dalam hidangan utama.

BACA JUGA:4 Manfaat Memelihara Tanaman Anggrek di Rumah, Mengurangi Stres hingga Meningkatkan Kualitas Udara

BACA JUGA:6 Manfaat Jantung Pisang Kepok untuk Ibu Menyusui, Meningkatkan Produksi ASI hingga Menjaga Kesehatan Jantung

5. Quinoa

Quinoa adalah sumber protein yang lengkap dan serat, serta rendah lemak jenuh. Hal ini membuatnya sangat mengenyangkan, yang dapat sebagai pengganti nasi atau pasta dalam berbagai hidangan, atau dijadikan salad.

6. Greek Yogurt

Greek yogurt tinggi protein dan probiotik yang mendukung kesehatan pencernaan dan menjaga rasa kenyang lebih lama, yaitu sebagai camilan dengan buah-buahan, madu atau granola.

7. Buah-Buahan Berserat Tinggi

Buah-buahan seperti apel, pir, dan berry mengandung serat yang membantu memperlambat pencernaan dan menjaga rasa kenyang. Buah ini bisa di konsumsi dengan cara dimakan langsung sebagai camilan atau ditambahkan ke yogurt dan oatmeal.

BACA JUGA:Mendukung Kesehatan Kulit, Berikut 7 Manfaat Mengonsumsi Jantung Pisang Kepok dan Tips Memasaknya

BACA JUGA:7 Manfaat Memangkas Daun Pisang Kepok yang Sudah Mati

8. Avokad

Buah avokad mengandung lemak sehat monounsaturated, serat dan berbagai nutrisi yang dapat membuat Anda merasa kenyang dan puas lebih lama. Avokad dapat digunakan dalam salad, sandwich, atau sebagai olesan pada roti.

9. Kacang Polong dan Lentil

Kacang polong dan lentil yang kaya akan protein dan serat, yang dapat membuat Anda merasa kenyang dan memuaskan, cara mengolahnya bisa di sup, stew, atau dalam bentuk salad.

10. Ubi Jalar

Ubi jalar adalah sumber karbohidrat kompleks yang baik, serat, dan vitamin, karbohidrat kompleks memperlambat pencernaan dan menjaga rasa kenyang lebih lama. Untuk cara mengonsumsinya yaitu bisa dipanggang, direbus, atau sebagai puree dalam berbagai hidangan.

BACA JUGA:6 Manfaat Pemangkasan Anakan pada Pisang Kepok untuk Meningkatkan Kualitas dan Kuantitas Buah

BACA JUGA:Inovasi 4 Media di Indonesia Ini Bisa Jadi Contoh, Memanfaatkan AI hingga Membangun Mindset Kolaborasi

Tips Tambahan:

- Minum Air Putih: Terkadang, rasa lapar bisa disalahartikan sebagai rasa haus. Minum cukup air sepanjang hari juga dapat membantu mengontrol rasa lapar.

- Konsumsi Protein dan Serat: Menggabungkan protein dengan serat dalam setiap makanan dapat membantu memperpanjang rasa kenyang dan menjaga stabilitas gula darah.

- Jangan Lupa Sarapan: Sarapan yang seimbang dengan protein dan serat dapat membantu mengatur nafsu makan sepanjang hari.

Dengan memilih makanan yang dapat memenuhi kriteria ini, maka Anda dapat merasa kenyang lebih lama dan lebih mudah menjaga pola makan yang sehat tanpa merasa tertekan atau tidak nyaman.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: