HONDA

Jangan Salah Pilih, Ini Cara Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat

Jangan Salah Pilih, Ini Cara Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat

Ini cara memilih jurusan kuliah yang tepat, jangan salah pilih.--pexels.com/fauxels

2. Riset Kampus

Kamu harus melakukan riset pada kampus yang akan kamu tuju. Kamu harus mengetahui setidaknya akreditasi kampus serta jurusan yang ingin kamu ambil.

Kemudian kamu juga harus memperhatikan letak kampus dan bagaimana lingkungan nya, dan terakhir ketahuilah informasi berapa banyak jumlah biaya kuliah, atau beasiswa sesuai dengan kebutuhan kamu.

3. Pilih Jalur Penerimaan 

Diskusikan dengan orang tua atau guru mu jalur mana yang bisa kamu pilih sesuai dengan nilai prestasi kalian. Ada bebrapa jalur penerimaan mahasiswa berdasarkan Permendikbud

Ristek nomor48 tahun 2022 pasal 4 (tentang jalur penerimaan mahasiswa baru) terdapat tiga jalur yaitu, SNBP (jalur prestasi) SNBT (melalui tes utbk yang diselenggarakan serentak) dan Seleksi Mandiri. 

BACA JUGA:Polisi Kembali Lakukan Olah TKP Kasus Pengeroyokan Dua Warga Jambi hingga Tewas di Bengkulu

BACA JUGA:Astra Motor Bengkulu Kampanyekan Keselamatan Berkendara di SMKS 2 Kota Bengkulu

4. Tentukan Plan B

Tentukan rencana cadangan, ketika rencana awal tidak sesuai dengan keinginan, seperti kamu tidak kerima dalam SNBP atau SNBT kamu sudah mempunyai rencana lain.

Contohnya kamu memilih opsi kampus lain, atau menunda dan menunggu seleksi ditahun berikutnya.

5. Hindari Memilih Jurusan hanya karna FOMO

Itulah mengapa kamu harus melakukan riset sebelum menentukan jurusan kuliah, jangan hanya kamu ikut ikutan teman, atau jurusan yang kamu lihat sedang trend kamu menjadi memilih jurusan tersebut sedangkan jurusan tersebut tidak sesuai dengan passion dan cita cita kamu.

Jadi sangat penting melakukan riset sebelum menetukan jurusan kuliah kamu. Jangan sekedar pilih karena kamu akan menjalankan nya dan pilihan kamu akan menentukan ke arah mana masa depan kamu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: