HONDA

Percepat Pertumbuhan, 8 Cara Pemberian Pupuk dan Nutrisi Pada Tanaman Melon Hijau

Percepat Pertumbuhan, 8 Cara Pemberian Pupuk dan Nutrisi Pada Tanaman Melon Hijau

8 cara pemberian pupuk dan nutrisi pada tanaman melon hijau untuk percepat pertumbuhan.--Instagram.com/ pupuknasa.medan

RAKYATBENGKULU.COM - Pemberian pupuk dan nutrisi pada melon hijau adalah bahan yang diberikan untuk memenuhi kebutuhan gizi tanaman agar tumbuh sehat dan produktif.

Pemberian pupuk pada umumnya terdiri dari unsur hara seperti nitrogen, fosfor, dan kalium (NPK), serta mikroelemen lainnya.

Pemberian pupuk yang tepat, baik sebelum penanaman maupun selama pertumbuhan, untuk membantu meningkatkan kualitas buah, mempercepat pertumbuhan, dan mencegah penyakit.

Nutrisi yang cukup sangatlah penting untuk mendukung fase berbunga dan berbuah pada budidaya melon hijau.

Nah berikut ada 8 cara pemberian pupuk dan nutrisi pada melon hijau yang telah rakyatbengkulu.com rangkum dari berbagai sumber di antaranya:

BACA JUGA:8 Alasan Mengapa Budidaya Lobster Air Tawar Sangat Menjanjikan, Harga Jual Menguntungkan

BACA JUGA:10 Langkah Ampuh untuk Sukses Budidaya Alpukat Mentega

1. Pemahaman Kebutuhan Nutrisi Melon

Melon hijau membutuhkan berbagai nutrisi, termasuk nitrogen (N), fosfor (P), dan kalium (K), serta unsur mikro seperti magnesium, kalsium, dan seng.

Nitrogen penting untuk pertumbuhan vegetatif (daun dan batang), fosfor mendukung pengembangan akar dan pembungaan, sedangkan kalium berperan dalam pembentukan buah.

2. Uji Tanah

Lakukan pengujian tanah sebelum menanam untuk mengetahui pH dan kandungan nutrisi, idealnya, pH tanah untuk melon berkisar antara 6,0-7,5. Berdasarkan hasil uji tanah, Anda dapat menentukan jenis dan dosis pupuk yang dibutuhkan.

3. Pupuk Dasar

Sebelum tanam, campurkan pupuk kandang atau kompos ke dalam tanah, pupuk organik meningkatkan kesuburan tanah dan memperbaiki struktur tanah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber