HONDA

Rekam Jejak Sri Mulyani Indrawati, Menteri Keuangan 3 Periode Pemerintahan di Indonesia

Rekam Jejak Sri Mulyani Indrawati, Menteri Keuangan 3 Periode Pemerintahan di Indonesia

Menjabat sebagai Menteri Keuangan 3 periode pemerintahan di Indonesia, berikut rekam jejak Sri Mulyani Indrawati.--ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

RAKYATBENGKULU.COMSri Mulyani Indrawati adalah sosok yang tak asing dalam dunia ekonomi Indonesia.

Dikenal sebagai Menteri Keuangan RI, ia baru-baru ini dilantik dalam Kabinet Merah Putih di bawah kepemimpinan Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka.

Pelantikan ini menegaskan posisinya sebagai Menteri Keuangan di tiga periode pemerintahan, yakni di era Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Joko Widodo (Jokowi), dan kini di pemerintahan Prabowo.

Rekam jejaknya yang mengesankan dalam bidang ekonomi menjadi alasan utama di balik kepercayaan yang terus diberikan kepadanya.

Riwayat Pendidikan yang Gemilang

Sri Mulyani lahir di Bandar Lampung pada 26 Agustus 1962. Setelah menyelesaikan pendidikan di SMA Negeri 3 Semarang, ia melanjutkan studi di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (UI), di mana ia lulus sebagai Sarjana Ekonomi pada tahun 1986.

Kecintaannya terhadap ilmu ekonomi membawanya untuk melanjutkan pendidikan di University of Illinois Urbana-Champaign, Amerika Serikat, di mana ia meraih gelar Master of Science (M.Sc) dalam bidang Ekonomi Kebijakan pada 1990 dan gelar Doktor (PhD) pada 1992.

Perjalanan Karier yang Menjulang

Karier Sri Mulyani dimulai di dunia akademik sebagai pengajar dan peneliti. Ia pernah menjadi asisten pengajar di Fakultas Ekonomi UI dan asisten profesor di University of Illinois.

Pada tahun 1998, ia juga menjabat sebagai Kepala Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat (LPEM) Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UI.

Sri Mulyani masuk ke dalam pemerintahan sebagai Staf Ahli Bidang Analisis Kebijaksanaan di Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) pada periode 1994-1995.

Pada tahun 1998, ia menjadi anggota Tim Asistensi Menteri Keuangan Bidang Keuangan dan Moneter di Departemen Keuangan RI.

Keberhasilannya menarik perhatian internasional ketika dia terpilih sebagai Direktur Eksekutif di Dana Moneter Internasional (IMF) mewakili 12 negara di Asia Tenggara pada tahun 2002.

Pada 21 Oktober 2004, Sri Mulyani diangkat menjadi Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas dalam Kabinet Indonesia Bersatu di bawah pemerintahan SBY.

Setahun kemudian, ia dipercaya untuk menjabat sebagai Menteri Keuangan, menggantikan Jusuf Anwar setelah adanya perombakan kabinet.

Prestasi dan Penghargaan yang Menggugah

Selama menjabat sebagai Menteri Keuangan di era SBY, Sri Mulyani mencatatkan berbagai prestasi dan keberhasilan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: