HONDA

Rekam Jejak Sri Mulyani Indrawati, Menteri Keuangan 3 Periode Pemerintahan di Indonesia

Rekam Jejak Sri Mulyani Indrawati, Menteri Keuangan 3 Periode Pemerintahan di Indonesia

Menjabat sebagai Menteri Keuangan 3 periode pemerintahan di Indonesia, berikut rekam jejak Sri Mulyani Indrawati.--ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Ia berhasil memodernisasi Kementerian Keuangan, menurunkan biaya pinjaman, serta memperbaiki pengelolaan utang negara.

Penghargaan sebagai Menteri Keuangan terbaik dunia datang padanya pada tahun 2006 dari lembaga-lembaga ternama, termasuk Euromoney dan Emerging Markets Forum.

Pada tahun 2008, majalah Forbes menobatkannya sebagai wanita paling berpengaruh ke-23 di dunia.

Setelah menyelesaikan masa jabatannya di pemerintahan SBY, Sri Mulyani melanjutkan kariernya sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia, yang menjadikannya orang Indonesia pertama yang menduduki posisi tersebut.

Namun, di tahun ketiga pemerintahan Jokowi, Sri Mulyani kembali ke Tanah Air untuk menjabat sebagai Menteri Keuangan.

Di era Jokowi, dia kembali meraih penghargaan bergengsi seperti “Best Minister in the World” pada Februari 2018 serta “Finance Minister of the Year - East Asia Pacific” dari Global Markets pada tahun yang sama.

Selain itu, ia juga dinobatkan sebagai Menteri Keuangan Terbaik di Asia Pasifik selama tiga tahun berturut-turut.

Peran Strategis dalam Menghadapi Krisis

Dalam tugasnya yang kedua, Sri Mulyani terbukti tangguh dalam mengatasi tantangan ekonomi, termasuk saat pandemi COVID-19.

Ia berhasil menstabilkan anggaran negara dan mempercepat konsolidasi fiskal, menekan defisit APBN di bawah 3 persen dalam waktu dua tahun setelah sempat mencapai 6 persen.

Keberhasilannya ini memberikan pengaruh positif terhadap ekonomi Indonesia, di mana ia kemudian terpilih sebagai Co-Chair Coalition of Finance Ministers for Climate Action.

Pada penghujung tahun 2022, Sri Mulyani dianugerahi gelar kehormatan Honoris Causa oleh Australian National University sebagai pengakuan atas kontribusinya dalam pembangunan ekonomi baik di dalam negeri maupun di tingkat internasional.

Harapan untuk Masa Depan

Dengan kehadirannya dalam kabinet baru Prabowo, banyak yang berharap Sri Mulyani dapat terus menjaga kestabilan fiskal Indonesia di masa depan.

Keberhasilan dan rekam jejaknya yang kuat di kancah domestik dan internasional membuatnya menjadi figur yang diandalkan untuk memimpin kebijakan ekonomi Indonesia.

Dengan pengalaman yang luas dan dedikasi terhadap pembangunan ekonomi, Sri Mulyani Indrawati siap menghadapi tantangan yang ada dan mengantarkan Indonesia menuju pertumbuhan yang berkelanjutan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: