BANNER KPU
HONDA

Cenderung Mudah Marah dan Tersinggung, Nafsu Makan Berkurang, Kenali Gejala Cacingan pada Balita

Cenderung Mudah Marah dan Tersinggung, Nafsu Makan Berkurang, Kenali Gejala Cacingan pada Balita

Cenderung Mudah Marah dan Tersinggung, Nafsu Makan Berkurang, Kenali Gejala Cacingan pada Balita--Instagram@vitabeeshop

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.Com – Menjaga dan merawat tumbuh kembang anak merupakan hal yang harus diperhatikan oleh para orangtua. 

Balita yang masih dalam usia pra sekolah sangat rentan terinfeksi cacing, sebab perilaku bersih dan sehat masih sangat terganting pada pantauan orangtua.

BACA JUGA:Waspadai Penyakit Cacingan Hewan Ternak, Begini Ciri-cirinya

Cacingan tergolong banyak menyerang balita, usia 6 -12 tahun biasanya sangat rentan terinfeksi cacing. Peran orangtua sangat penting dalam mencegah terinfeksi cacing. 

Ada banyak penyebab infeksi cacing pada anak, misalnya jajan sembarangan, kontak dengan orang terinfeksi dan mengkosumsi buah dan sayur yang belum dicuci bersih. Oleh sebab itu, orangtua wajib memantau dan mengenali gejala cacingan pada anak.

BACA JUGA:Cuka Apel Bisa Bikin Kurus! Begini Cara dan Manfaatnya

Mari simak beberapa ciri ciri dan gejala anak terinfeksi cacing. Agar dapat segera dilakukan penanggulangan, sebelum menyebabkan kondisi anak memburuk.

Pertama anak terinfeksi cacingan sering merasa gatal di sekitar dubur pada malam hari.

BACA JUGA:Dapat Mengatasi Penyakit, Begini 8 Langkah Membuat Obat Asam Lambung dari Tanaman Lidah Buaya

Orangtua perlu memperhatikan gerak gerik balita masing-masing pada malam hari. Biasanya anak juga terlihat gelisah saat tidur, akibat rasa gatal tersebut.

Kedua infeksi cacing juga berdampak pada prilaku balita. Coba perhatikan, balita yang terinfeksi cacing cenderung mudah marah dan tersinggung dengan prilaku orang di sekitarnya. 

BACA JUGA:Cara Turun 15 kg di Bantu dengan Lemon : Ini Resep Minuman Diet Lemon yang Efektif

Ketiga dubur anak yang terinfeksi cacing terdapat kemerahan atau iritasi. Selain itu, balita juga sering mengeluh sakit perut.

Keempat nafsu makan anak berkurang cukup drastis, sehingga berat badan anak akan turun. Kalapun nafsu makan tidak berkurang tubuh anak tetap akan kurus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: