JAKARTA - BNI Syariah merayakan puncak milad ke-10 bertajuk Tasyakur Hasanah secara virtual. Milad yang diadakan pada saat New Normal ini diselenggarakan dalam format webinar dengan beberapa rangkaian acara diantaranya Seremoni Tasyakur Hasanah Milad ke-10 BNI Syariah; Kajian Singkat KH. Abdullah Gymnastiar; launching buku Hasanah Perjalanan Kebaikan cerita 10 tahun BNI Syariah, launching produk dan aplikasi Hasanahku, Smart Shodaqoh, Hasanah Online, dan Hasanah Employee App (Hey).
Direktur Utama BNI Syariah, Abdullah Firman Wibowo berharap dalam perayaan Tasyakur Hasanah secara virtual ini semaraknya tidak hanya dirasakan oleh insan hasanah di seluruh Indonesia saja, tapi juga disaksikan oleh mitra dan kalangan media. “Alhamdulillah dalam satu dekade ini, BNI Syariah mampu memberikan perbaikan dalam seluruh aspek baik spiritual, bisnis, maupun layanan. Hal ini pada akhirnya yang akan membawa peluang-peluang baru dan manfaat yang optimal bagi segenap stake holder dan share holder BNI Syariah,” kata Firman. Menurut Firman, April tahun 2000 jadi penanda lahirnya ‘bayi kecil’ bernama Unit Usaha Syariah (UUS) BNI yang menjadi cikal bakal BNI Syariah sebagai salah satu pemain besar diperbankan syariah di Indonesia. UUS BNI membuka 5 cabang pertamanya pada 29 April 2000. UUS BNI terus mengepakkan sayapnya, hingga pada 2010 memutuskan untuk memisahkan diri. Bank BNI Syariah pun terus melaju sebagai bank syariah pilihan masyarakat yang unggul dalam layanan dan kinerja. BNI Syariah menonjolkan value hasanah yang memiliki makna “segala kebaikan” bagi diri sendiri, masyarakat, maupun bangsa dan negara baik di dunia maupun di akhirat (QS. Al Baqarah : 201). Selama 10 tahun perjalanan, BNI Syariah terus bertumbuh, hal tersebut dibuktikan dengan adanya pertumbuhan dari sisi aset, laba, pembiayaan, dan DPK. Diawali dengan aset sebesar Rp 6,3 triliun rupiah di tahun 2010, bertumbuh menjadi Rp 49,9 triliun di tahun 2019. Pertumbuhan laba perusahaan yang semula berada pada posisi 37 miliar rupiah di 2010, tumbuh menjadi 603 miliar di 2019. Dari sisi pembiayaan, di tahun 2010 penyaluran pembiayaan sebesar Rp3,5 triliun meningkat menjadi Rp 32,6 di tahun 2019. Sedangkan penghimpunan dana di tahun 2010 sebesar Rp 5,2 triliun, tumbuh menjadi Rp 43,8 triliun di tahun 2019. Secara sustain, BNI Syariah mencatat kinerja positif dengan pertumbuhan rata-rata diatas 25%. Kinerja BNI Syariah selama 10 tahun ini didukung oleh keunggulan dan inovasi produk dan layanan BNI Syariah diantaranya Tabungan dengan Akad Wadiah; Tabungan BNI iB Baitullah Hasanah; Wakaf Hasanah; Hasanah Online; BNI iB Hasanah Card; Hasanahku; BNI Griya Swakarya iB Hasanah. Layanan Hasanah BNI Syariah semakin lengkap dengan adanya himbauan sholat tepat waktu, penghapusan denda keterlambatan, dan diberlakukannya tunjangan bagi pegawai yang hafizh Al-Qur’an. Sebagai wujud value Hasanah yang diangkat oleh BNI Syariah, secara konsisten dan berkelanjutan BNI Syariah memberikan kontribusi bagi peningkatan pendidikan, kesejahteraan dan ekonomi umat melalui berbagai kegiatan sosial bekerjasama dengan Yayasan Hasanah Titik diantaranya Direksi Mengajar, Benteng Hasanah di Batas Negeri, Tetanggaku Hasanahku, Infaq Beras untuk Umat (IBU), dan program Santunan 1000 Ojol. “Kinerja 10 tahun BNI Syariah juga tidak lepas dari sinergi BNI Syariah dengan BNI sebagai perusahaan induk, dimana BNI Syariah didukung teknologi yang dimiliki BNI sehingga lebih efisien. Selain sinergi dari sisi teknologi, BNI Syariah juga bersinergi dengan BNI terkait jaringan, dimana 1.747 outlet milik BNI dapat melayani transaksi syariah melalui produk-produk BNI Syariah,” Kata Firman. Kontribusi BNI Syariah untuk membangun negeri juga dilakukan dengan partisipasi dalam pembiayaan sindikasi proyek infrastruktur seperti pembangunan Tol Pemalang-Batang dan Tol Jakarta-Cikampek, serta pembiayaan UMKM melalui program Deureuham bekerja sama dengan BEKRAF (Badan Ekonomi Kreatif). BNI Syariah juga bekerja sama dengan berbagai institusi dalam pengembangan ekosistem halal, seperti lembaga pemerintahan, institusi pendidikan, institusi kesehatan, travel, developer perumahan, dan start up fintech. Alhamdulillah prestasi BNI Syariah juga diakui oleh berbagai lembaga baik nasional maupun internasional. Dengan pencapaian berbagai penghargaan diantaranya The Best Bank Syariah Aset>10 T - Best Syariah Award 2014 (Majalah Investor);Juara 1 Private Non Listed - Annual Report Award tahun 2014 dan tahun 2015, Bank dengan kinerja terbaik kategori aset 10-25 T - The Best Bank Syariah 5 Tahun Berturut-turut (Info bank); Best Service Quality (Teller, Customer Service, Banking Hall) - The Best Service Quality Award 2016 (Majalah Marketing); The Best Sharia Bank Magnificent 7 2017 – Karim Consulting; Best Bank Syariah Buku 2 – Anugerah Syariah Republika 2018; The Best Commercial Bank In Indonesia (Islamic Bank)- Alpha Southeast Asia Award 2018; Best Performance Bank Kategori Bank Syariah – Bisnis Indonesia Financial Award 2019; dan pada 2020 BNI Syariah meraih Best Overall Tabungan, KPR, dan Kartu Debit Bank Umum Syariah Peringkat 1 - Digital Brand Award (Info bank). Pada tahun 2020, BNI Syariah tercatat telah naik kelas ke Buku III, setelah pemegang saham melakukan setoran modal inbreng sebesar Rp 255 miliar dan BNI Syariah mencetak laba bersih Rp 214,01 miliar pada triwulan I 2020, naik 58% dibandingkan periode sama 2019 sebesar Rp135,35 miliar. Pada kesempatan ini, BNI Syariah juga mempublikasikan bahwa BNI Syariah telah dapat memasarkan KPR Subsidi Syariah Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) dengan produk KPR Sejahtera Syariah. BNI Syariah juga mengumumkan pemenang Journalist Writing & Photo Competition dan pengumuman pemenang penghargaan masjid teladan Pelatihan Manajemen Masjid (PMM) Masjidku Hasanahku. Sedangkan untuk pemenang Penghargaan Masjid Teladan terdapat tiga kategori. Kategori pertama adalah masjid raya & masjid agung yaitu juara 1 adalah Masjid Hubbul Wathan Islamic Center Mataram; juara 2 adalah Masjid Paripurna Agung Ar-Rahman Kota Pekanbaru; juara 3 adalah Masjid Baitul Mu’miniin Bak di Bali. Untuk kategori 2 yaitu masjid besar & masjid jami diantaranya pemenangnya adalah juara 1 Masjid Nurul Ashri Deresan Yogyakarta; juara 2 adalah Masjid Ar-Riyadh Balikpapan; dan juara 3 adalah Masjid Al Hidayah Palembang. Untuk kategori 3 masjid di tempat publik adalah Juara 1 adalah Masjid An Nur Puspogiwan Semarang; Juara 2 Masjid Oman Al Makmur Banda Aceh; dan Juara 3 adalah Masjid Shalahuddin Sidoarjo. Milad ke-10 ini didahului dengan berbagai rangkaian kegiatan pra milad diantaranya rangkaian kajian online bersama para tokoh dan ustadz dilakukan selama bulan Ramadhan bertajuk Ramadhan Berhasanah; Benteng Hasanah Untuk Negeri sebagai bentuk kontribusi nyata bagi masyarakat dalam dakwah, pemberdayaan ekonomi, dan pendidikan; Berbagi Takjil Hasanah yaitu pemberian takjil kepada anak yatim; Kisah Cinta Hasanah yaitu pemberian paket bantuan ke panti asuhan; dan Journalist Writing & Photo Competition. Untuk menemani Ramadhan #dirumahaja, BNI Syariah menyuguhkan Web Series Ramadhan dengan judul “Kesempatan Kedua” terdiri dari 8 episode di Official Youtube Channel BNI Syariah. Firman menambahkan, BNI Syariah sebagai Hasanah Banking Partner terus berkomitmen untuk dapat menebarkan hasanah dan membawa manfaat bagi seluruh mitra, termasuk dalam menghadapi kenormalan baru. “Terima kasih atas dukungan dan kebersamaan selama 10 tahun dengan BNI Syariah. Semoga kami dapat terus menjadi mitra yang menemani perjalanan Bapak/Ibu sekalian menuju Hasanah dunia dan akhirat, Insya Allah,” kata Firman.(hkm/prw)BNI Syariah Rayakan Puncak Milad ke-10, Tasyakur Hasanah Secara Virtual
Selasa 23-06-2020,10:45 WIB
Editor : redaksi rb
Kategori :