1 Ramadan Diprediksi Selasa, Kemenag Bengkulu Tunggu Sidang Isbat

Minggu 11-04-2021,17:00 WIB
Reporter : redaksi rb
Editor : redaksi rb

  BENGKULU – 1 Ramadan 1442 Hijriah diprediksi jatuh pada Selasa (13/4). Namun Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Bengkulu masih menunggu sidang isbat yang akan dilaksanakan, Senin (13/4). Kemenag RI terlebih dulu akan melakukan pemantauan hilal Ramadan 1442 H di  86 lokasi dari 34 provinsi termasuk di Bengkulu.

Dikatakan Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu Drs. H. Zahdi Taher, M.HI, penetapan awal Ramadan masih menunggu sidang isbat  yang rencanannya akan dilaksanakan Senin, (12/4) Namun sebelum penetapan, pihaknya akan melakukan pemantauan hilal Ramadan 1442 H

“Khusus di Provinsi Bengkulu akan di gelar di Mess Pemda Prov.Bengkulu Jl. Pasar Pantai Kel. Malabero Kec. Teluk Segara,’’ Kata Zahdi.

Ditambahkan Kabid Urusan Agama dan Islam (Urais) Drs. H. Ramlan, M.HI, posisi hilal awal Ramadan 1442 H sudah di atas ufuk berkisar antara 2 derajat 37 menit sampai 3 derajat 36 menit. Hasil hisab ini kemudian dikonfirmasi melalui rukyatul hilal yang akan digelar di 34 titik di seluruh Indonesia, besok Senin (12/4).

“Hasil dari pengamatan hilal di Bengkulu akan sampaikan ke Kemenag RI, baik ketika itu hilal terlihat atau tidak. Untuk Bengkulu sendiri beberapa tahun terakhir ini hilal tidak terlihat karena faktor cuaca, dan peralatan,” terangnya.

Pelaksanaan rukyatul hilal ini nantinya akan dihadiri Pengadilan Tinggi Agama, ormas Islam, perguruan tinggi, dan unsur terkait lainnya. Setiap yang hadir melihat Ruyaktul Hilal akan di sumpah dulu oleh Pengadilan Tinggi Agama. Karena untuk memutuskan apakah hilal terlihat atau tidak itu tidak sembarangan. (cw1)

Tags :
Kategori :

Terkait