Polisi Periksa 15 Saksi, Kontraktor Terakhir

Selasa 19-10-2021,14:09 WIB
Reporter : redaksi rb
Editor : redaksi rb

  BENGKULU TENGAH - Pihak kontraktor melakukan perbaikan terhadap jembatan senilai Rp 3,6 miliar di Desa Paku Haji Kecamatan Pondok Kubang Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng). Namun hal itu tidak menghentikan penyelidikan Polres Bengkulu Tengah.

BACA JUGA:  Pascajembatan Air Nipis Ambruk, Petani Terdampak Luas  "Memang berdasarkan informasi dan pemantauan anggota kita di lapangan, pada saat kni pihak kontraktor sudah membongkar jembatan yang hampir ambruk tersebut dan saat ini perbaikan jembatan tersebut sudah dimulai. Namun meskipun pihak ketiga sudah memperbaiki, penyelidikan masih akan kita lanjutkankan," kata Kapolres Benteng, AKBP. Ary Baroto, S.IK, MH melalui Kasat Reskrim Polres Benteng, Iptu. Donald Sianturi, SH, MH.

Lanjutnya, sudah 15 orang saksi diminta keterangan. Ia menyebut diantaranya PPTK pengerjaan jembatan, konsultan pengawas dan konsultan perencanaan, pihak BMKG, Kepala BPBD. Khusus Kepala BPBD akan kembali dilakukan pemanggilan, sebab pada saat pemanggilan pertama pemeriksaan belum selesai.

"Setelah semua data dalam pemeriksaan jembatan tersebut sudah selesai, maka terakhir pihak kontraktor akan kita panggil untuk dimintai keterangan. Sebab saat ini beberapa saksi terus kita panggil untuk kita mintai keterangan, seperti PPTK pelaksana kegiatan tersebut," ujarnya

Terkait indikasi adanya tindak pidana dalam kejadian ini, pihaknya belum bisa memberikan penjelasan sekarang. Pihaknya masih fokus memeriksa saksi dan pengumpulan data terlebih dahulu.

Gelar Perkara

"Ada indikasi tindak pidana atau tidak tergantung dari hasil penyelidikan yang kita lakukan ini. Nanti bisa kita simpulkan dari gelar perkara yang akan kita lakukan," beber kasat.

BACA JUGA:  Jembatan Rp 3,6 Miliar Nyaris Ambruk, Dewan: Gagal Konstruksi Sementara itu, Kepala BPBD Bengkulu Tengah, Samsul Bahri membenarkan jika pihak ketiga pada saat ini memang sudah memulai pengerjaan perbaikan jembatan di Desa Paku Haji.

Rangka besi jembatan yang hampir ambruk beberapa waktu lalu sudah dibongkar dan diturunkan. Ini dilakukan penyetelan ulang, hingga perbaikan terhadap beberapa rangka yang masih bisa diperbaiki.

"Sesuai perjanjian dan kesepakatan kita dengan pihak ketiga, maka mereka pada saat ini sudah memulai perbaikan jembatan tersebut. Selain itu pihak ketiga juga akan membuat tiga peranca baru yang berada tepat di tengah jembatan tersebut agar jembatan tersebut lebih kuat dan kokoh dari terjangan arus sungai yang berada dibawah jembatan tersebut," paparnya.

Ia berharap dalam pengerjaan perbaikan jembatan ini bisa berjalan dengan lancar dan tidak ada hambatan lagi. "Mari kita berdoa semoga dalam pengerjaan perbaikan jembatan ini bisa berjalan dengan lancar, kemudian cuaca mendukung, sehingga kejadian seperti kemarin tidak akan terulang kembali," tutup Samsul. (jee/rakyatbengkulu.com)

Simak Video Berita 

Tags :
Kategori :

Terkait