Mahasiswa Ilmu Komunikasi Unras Visit Media ke Graha Pena RB

Senin 13-12-2021,12:11 WIB
Reporter : redaksi rb
Editor : redaksi rb

BENGKULU, rakyatbengkulu.com - Jurnalistik dan media termasuk kegiatan yang diminati kalangan mahasiswa. Terbukti dari sangat antusiasnya 40 mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi Fisip Universitas Ratu Samban (Unras) Arga Makmur saat melakukan visit media ke Graha Pena, Senin (13/12). Kunjungan selama 2 jam itu dipimpin dosen pembimbing Linda Astuti, M. Si dan mahasiswa senior Putu Juitama.

Pemimpin Redaksi (Pemred) Harian Rakyat Bengkulu (RB) Riky Dwi Putra menyambut langsung kedatangan mahasiswa Ilmu Komunikasi Unras. Ia menjelaskan kepada mahasiswa bahwa proses menerbitkan berita dimulai dari perencanaan. Ada wartawan yang menulis, selanjutnya diolah di dapur redaksi oleh redaktur, layaknya sebuah makanan.

Riky mengingatkan wartawan harus membuat berita semenarik mungkin, kaya data, tidak basi alias up to date. ‘’Ini kunci kalau beritanya mau dibaca orang,‘’tukasnya.

Sebuah berita kata Riky harus memenuhi kaidah jurnalistik. Juga berpedoman kepada Kode Etik Jurnalistik. Selain itu seorang wartawan perlu memilki niat baik dalam menulis sebuah berita sehingga bermanfaat baik buat dirinya maupun untuk orang lain.

"Jenis-jenis berita bermacam-macam dan untuk Harian Rakyat Bengkulu masih mengandalkan berita investigasi atau laporan khusus," jelasnya.

Penjelasan Pemred Harian RB ini pun disambut antusias mahasiswa. Rismawati mahasiswa semester I memberikan pertanyaan lamanya sebuh berita investigasi dibuat. Juga jumlah berita yang harus dibuat seorang wartawan di Harian Rakyat Bengkulu. "Untuk durasi waktu bisa mencapai bulanan tergantung kelengkapan data-data yang harus disiapkan. "Jadi data-data yang diangkat harus dari semua sisi," jawab Riky menanggapi.

Dosen Pembimbang Linda Astuti menerangkan, kunjungan ini menjadi pembelajaran bagi mahasiswa untuk memperluas wawasan mereka. Kurikulum Kampus Merdeka dan Merdeka Belajar yang sekarang sangat menekankan penguatan wawasan mahasiswa termasuk kegiatan-kegiatan nagang. ‘’Magang-magang itu bobotnya cukup besar bagi mahasiswa," pungkasnya. (iks)

Tags :
Kategori :

Terkait