Vaksin Kedaluwarsa Masih Tersimpan

Rabu 23-03-2022,06:59 WIB
Reporter : redaksi rb
Editor : redaksi rb

  CURUP TIMUR, rakyatbengkulu.com – Hingga saat ini, ribuan vaksin kedaluwarsa di Kabupaten Rejang Lebong (RL) jenis Astra Zeneca (AZ) masih tersimpan.

Total vaksin merk AZ tersebut yang kedaluwarsa pada akhir Februari 2022 lalu mencapai 23.370 dosis, menunggu instruksi dari Satgas Covid-19 Provinsi Bengkulu.

Dijelaskan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten RL Syahfawi, S.KM, 23.370 dosis vaksin AZ tersebut tersimpan di 21 Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) dalam 15 wilayah kecamatan.

BACA JUGA:  Mubazir, 116 Ribu Dosis Vaksin Astrazeneca Kedaluwarsa Serta, ada juga yang tersimpan di Tim Revaco Polres RL.

‘’Kita menunggu instruksi lanjutan, untuk sementara semua vaksin yang dinyatakan kedaluwarsa tersebut tetap disimpan di masing-masing puskesmas,’’ sampai Syahfawi.

Sejauh ini, mereka dalam pelayanan vaksinasi dosis 1, dosis 2 dan dosis 3, menggunakan jenis vaksin yang lain.

Seperti sinovac, Pfizer dan vaksin merk moderna.

‘’Beberapa waktu lalu kita mendapatkan kiriman stok vaksin merk Pfizer sebanyak 9.000 dosis dari Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu,’’ sambung Syahfawi.

Dilanjutkan Syahfawi, stok vaksin tersebut diberikan untuk pemenuhan kebutuhan pencapaian target vaksinasi.

Selain berbagai fasilitas kesehatan (faskes) yang ada, juga untuk pemenuhan kebutuhan kegiatan vaksinasi yang dilaksanakan TNI dan Polri serta lainnya.

Baik itu untuk dosis 1, dosis 2 maupun dosis 3 atau Booster.

BACA JUGA:  Lolos SNMPTN Tak Bisa Daftar UTBK-SBMPTN ‘’Kita akan terus berupaya untuk memaksimalkan pencapaian target sasaran vaksinasi, baik dosis 1, dosis 2 maupun dosis 3. Untuk dosis 1 sendiri.

Target dari pemerintah pusat hingga akhir Maret 2022 ini minimal di angka 90 persen.

Sedangkan pencapaian kita saat ini sudah diangka 88 persen lebih dan kita optimis bisa tembus di angka 90 persen pada akhir Maret ini,’’ lanjut Syahfawi Syahfawi. (dtk)

Simak Video Berita 

Tags :
Kategori :

Terkait