Orang Dewasa Butuh Waktu Tidur 7 - 9 Jam, Bila Sering Mengantuk Berlebihan, Bisa Jadi Tanda Penyakit Ini

Kamis 26-10-2023,10:50 WIB
Reporter : Panca Destriansyah
Editor : Ana Mariyohana

BACA JUGA:3 Zodiak yang Terkenal Paling Royal dan Tidak Pelit, Rezekinya Selalu Mengalir Deras

Sindrom ini merupakan penyakit yang menyebabkan seseorang memiliki keinginan yang tidak tertahankan untuk menggerakkan kaki sambil berbaring. 

Saat sindrom ini terjadi, seseorang sering merasakan ada sesuatu yang merayapi disertai rasa nyeri bahkan rasa sakit pada area kaki.

BACA JUGA:Berencana Pakai Jasa EO, Kamu Harus Tahu Jenis Berdasarkan Kegiatan, Jangan Salah Pilih

Akibat terus-menerus menggerakkan kaki, kamu tidak bisa tidur nyenyak. Saat bangun di pagi hari, tubuh terasa lemas dan kurang semangat.

 

Depresi

Sering mengantuk adalah salah satu gejala depresi. Selain itu, penderita depresi dapat merasa kurang berenergi, kehilangan semangat hidup.

BACA JUGA:Rezeki Berlimpah dan Hidup Penuh Berkah, Inilah 3 Shio yang Diprediksi Bakal Beruntung Sepanjang Tahun 2024

Lalu kehilangan minat dan ketertarikan terhadap aktivitas yang biasanya mereka gemari, mengalami kecemasan, hingga munculnya pikiran untuk bunuh diri.

 

Narkolepsi

Mengantuk di siang hari secara berlebihan bisa jadi merupakan gejala narkolepsi. Narkolepsi juga ditandai dengan ketidakmampuan menahan keinginan untuk tertidur, yang terjadi secara konsisten di luar waktu tidur normal. 

BACA JUGA:Trend Batu Akik Ternyata Sudah Dimulai Sejak Zaman Purba

Sementara itu pada malam hari, penderitanya akan terbangun beberapa kali (seperti insomnia). Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Sleep Medicine menyebutkan bahwa 44 persen wanita mengalami gejala narkolepsi.

Kok bisa? Ternyata beberapa penyebab narkolepsi adalah gaya hidup dan hubungan pribadi. Sedangkan pria sebesar 71 persen mengalami gejala narkolepsi.

Kategori :