8 Manfaat Mengajak Anak Bermain Permainan Tradisional, Orang Tua Perlu Tahu!

Sabtu 18-11-2023,11:43 WIB
Reporter : Febi Elmasdito
Editor : Febi Elmasdito

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Dalam artikel sebelumnya kita telah membahas mengenai "8 Permainan Tradisional Zaman Dahulu yang Menyimpan Kenangan, Kini Sudah Jarang Dimainkan". BACA di SINI

Seperti yang diketahui, permainan tradisional adalah jenis permainan yang sudah dimainkan orang-orang sejak zaman dahulu.

Permainan tradisional biasanya melibatkan unsur-unsur lokal, sejarah, atau tradisi.

Meski sudah jarang dimainkan karena seiring berkembangnya zaman dan teknologi, permainan tradisional ini tetap perlu dilestarikan sebagai upaya untuk mempertahankan identitas budaya.

BACA JUGA:8 Permainan Tradisional Zaman Dahulu yang Menyimpan Kenangan, Kini Sudah Jarang Dimainkan

Namun, siapa sangka selain memberikan hiburan, permainan tradisional juga dapat meningkatkan keterampilan dan kreativitas anak-anak.

Dalam artikel kali ini kita akan membahas mengenai manfaat mengajak anak-anak bermain permainan tradisional, yang perlu orang tua ketahui.

Adapun manfaat mengajak anak bermain permainan tradisional antara lain:

1. Memelihara Budaya dan Tradisi

BACA JUGA:150 Pelajar Seleksi Lomba Olahraga Tradisional

Bermain permainan tradisional membantu anak memahami dan menghargai warisan budaya serta tradisi yang ada di masyarakatnya.

2. Mengembangkan Keterampilan Sosial

Permainan tradisional sering kali dimainkan secara berkelompok, membantu anak mengembangkan keterampilan sosial, seperti bekerja sama, berkomunikasi, dan menghormati aturan.

3. Meningkatan Keterampilan Motorik 

BACA JUGA:4 Rekomendasi Buah yang Baik Dikonsumsi Saat Anak Demam, Ampuh Turunkan Panas

Kategori :