Bisa Mempercepat Penyembuhan Luka Operasi, Bisa Mengurangi Nyeri, Mengandung Protein Tinggi

Sabtu 18-11-2023,11:45 WIB
Reporter : Muhammad Yusuf
Editor : Ana Mariyohana

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.Com - Ikan gabus merupakan salah satu ikan predator yang hidup di air tawar.

Sebaran ikan gabus di Indonesia meliputi sungai besar dan daerah aliran sungai, dataran banjir dan danau. 

BACA JUGA:8 Permainan Tradisional Zaman Dahulu yang Menyimpan Kenangan, Kini Sudah Jarang Dimainkan

Bentuknya unik, mereka berbentuk datar dan beberapa memiliki pola bercak di tubuhnya. Karena bentuknya yang unik, cocok juga dijadikan ikan hias di akuarium. 

Padahal, ikan gabus mempunyai nilai ekonomi yang tinggi. Selain itu, ikan gabus segar, yang sebagian besar dijual dalam keadaan hidup, merupakan sumber protein penting bagi masyarakat. Terutama yang berada dekat lahan basah atau sungai.

BACA JUGA:Ingin Udara Sekitarmu Dibersihkan, Yuk Tanaman Beberapa Jenis Tanaman Ini  

Ikan ini dikenal sangat tinggi albumin, yang merupakan jenis protein penting. Pemberian daging ikan gabus atau ekstrak proteinnya telah dicoba untuk meningkatkan kandungan albumin darah dan membantu pengobatan beberapa penyakit. 

Ikan gabus memiliki kandungan protein  sebesar 25,5 persen, lebih tinggi  dibandingkan ikan bandeng 20,0 persen, ikan mas 16,0 persen,  kakap 20,0 persen atau sarden 21,1 persen.

BACA JUGA:Rekomendasi Handphone Cocok di Tahun 2024 dengan Harga 2 Jutaan

Ikan gabus memiliki tekstur daging yang lebih lembut sehingga tidak perlu khawatir dengan pencernaannya. Hal ini dikarenakan ikan gabus memiliki protein kolagen yang lebih sedikit dibandingkan kandungan protein dagingnya. 

Ikan gabus hanya memiliki 3-5 persen dari total kandungan protein kolagen. Bagaimana dengan peran gabus dalam mempercepat penyembuhan luka? Ikan gabus mengandung protein, khususnya asam amino dan asam lemak. 

BACA JUGA:12 Bupati Bengkulu Utara dari Masa ke Masa, Ada yang Hanya Menjabat 1 Tahun

Selain itu juga ada kandungan glisin, asam arakidonat dan asam lemak, ikan gabus  mempercepat  penyembuhan luka. Mengonsumsi ikan gabus secara rutin dan teratur juga dapat menimbulkan efek anti nyeri. 

Sebuah penelitian menemukan ikan gabus mengandung senyawa yang dapat meningkatkan efek antinosiseptif. Efek ini mampu menghilangkan rasa sakit akibat cedera. 

BACA JUGA:10 Ide Dress Cantik untuk Wanita Gemuk: Tampil Stylish dengan Sentuhan Elegan

Kategori :