Jarang Diketahui! Ini 8 Manfaat Buah Kakao untuk Kesehatan, Diantaranya Menurunkan Tekanan Darah

Jumat 03-05-2024,19:18 WIB
Reporter : Apriyan Doni
Editor : Febi Elmasdito

3. Menambah stamina

Kakao yang murni merupakan sumber kalori yang sangat baik, sehingga akan bisa memberikan tambahan stamina dan membuat Anda lebih berenergi saat beraktivitas.

Namun, kakao juga mengandung kafein yang dikenal sebagai stimulan alami sehingga bisa membuat Anda akan tetap fokus dan terjaga.

4. Mencegah pikun dan memelihara fungsi otak

Dalam penelitian mengungkapkan bahwa antioksidan flavonoid yang terkandung di dalam kakao juga dapat memperlambat proses penurunan daya ingat pada orang yang lanjut usia.

BACA JUGA:Wow! Ketahui 6 Manfaat Pisang Kepok untuk Kesehatan, Baik untuk Bumil

Efek ini karena kakao dapat melancarkan aliran darah ke otak dan dapat mengurangi dampak kerusakan sel otak yang diakibatkan pertambahan usia.

5. Memperbaiki suasana hati 

Senyawa theobromine dan kafein yang terkandung di dalam kakao juga dapat mempengaruhi suasana hati dan menjadi lebih positif serta dapat meningkatkan rasa waspada. 

Zat aktif phenethylamine dalam kakao juga dapat meningkatkan produksi endorfin, yaitu senyawa kimia yang ada di dalam otak dan berperan untuk melawan stres dan mengatasi perasaan murung. 

BACA JUGA:6 Manfaat Quinoa Bagi Kesehatan, Ibu dari Biji-bijan di Seluruh Dunia

6. Mencegah kanker

Kakao juga mengandung antioksidan yang cukup tinggi dan bersifat antiradang.

Berkat kandungan dan sifatnya tersebut, maka kakao dipercaya dapat mencegah pertumbuhan sel kanker dalam tubuh dan dapat menangkal efek kerusakan sel.

Sehingga risiko terkena kanker pun juga dapat berkurang dengan mengonsumsi kakao.

BACA JUGA:9 Manfaat Batang Pisang untuk Kesehatan, Tubuh Bebas Jerawat

Kategori :