Kaki Bengkak Jadi Tanda Penyakit Jantung? Ini Penjelasan Dokter Hans Tandra

Sabtu 08-06-2024,10:24 WIB
Reporter : Hellen Yuliana
Editor : Febi Elmasdito

BACA JUGA:Catat Ya, Ini Adab dan Tata Cara Menyembelih Hewan Kurban oleh Ustadz Adi Hidayat

Jika bengkaknya sama simetris kedua kaki, maka indikasi untuk lemah jantung itu lebih besar atau bisa juga karena bocornya ginjal karena protein banyak keluar, orang tersebut kekurangan albumin.

Ketika seseorang itu diterangkan oleh dokter Hans Tandra, kekurangan albumin bukan hanya kakinya yang bengkak, namun wajahnya juga akan terlihat lebih bengkak dari pada biasanya.

Dengan begitu tanda-tanda untuk penderita ginjal yakni bisa jadi mukanya menjadi bengkak, kakinya bengkak dan juga nafas menjadi lebih sesak. Itu merupakan tanda kerusakan pada ginjal.

Dijelaskan lagi oleh dokter Hans Tandra mengenai bisa jadi juga orang tersebut kena sirosis liver, bisa menyebabkan bengkak di beberapa bagian tubuh karena menyebabkan livernya mengerut.

BACA JUGA:4 Resep Olahan Kacang Panjang yang Gurih dan Enak, Menggugah Selera Makan

Mengerutnya liver tersebut dapat merusak pabrik albumin terganggu sehingga kekurangan protein, maka dari itu ditandai dengan perutnya membesar atau buncit.

Perut buncit ini karena menyimpan banyak sekali air berikut juga dengan kakinya yang bengkak, sedangkan bagian dada lebih kempes dan lebih cekung atau cowong.

Maka dari itu kaki bengkak bukan melulu karena penderita diindikasikan mengalami penyakit jantung atau gagal jantung, bisa jadi terjadi kerusakan pada ginjal dan liver.

Untuk itu, diperlukan kewaspadaan kepada masyarakat yang mengalami hal tersebut dan langsung menindaklanjutinya dengan melakukan pemeriksaan ke bagian kesehatan.

BACA JUGA:Perlu Tahu! Ini 5 Manfaat Penting Kacang Panjang untuk Kesehatan, Diantaranya Mengontrol Berat Badan

Untuk itu, bagi masyarakat yang memiliki indikasi tersebut baiknya langsung memeriksakan diri ke rumah sakit terdekat agar mendapatkan penanganan yang lebih cepat.

Kategori :