9 Manfaat Mengonsumsi Sayur Brokoli, Salah Satunya Dapat Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker

Sabtu 15-06-2024,20:17 WIB
Reporter : Apriyan Doni
Editor : Febi Elmasdito

BACA JUGA:Tak Cuma Meningkatkan Imunitas Tubuh, Ternyata Ini 11 Manfaat Ikan Mas untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

3. Mencegah pertumbuhan sel kanker

Salah satu manfaat dari sayuran brokoli untuk kesehatan adalah dapat membantu untuk mencegah pertumbuhan sel kanker.

Hal tersebut karena sayuran yang satu ini mengandung berbagai macam zat antikanker seperti fitonutrien, vitamin C, vitamin A, vitamin E, kalium dan juga dengan selenium.  

Kandungan gizi tersebut tentu dapat berperan sebagai antioksidan dan juga dapat untuk mencegah inflamasi pada tingkat sel yaitu merupakan fase awal dari perkembangan sel kanker.

Senyawa bioaktif yang ada di dalam sayuran brokoli juga mempunyai manfaat untuk mengurangi kerusakan sel yang akan disebabkan oleh penyakit kronis yang tertentu.

4. Menjaga kesehatan pembuluh darah

Kandungan mineral seperti kalium yang ada di dalam sayuran brokoli sangat bermanfaat untuk membantu melancarkan aliran darah sehingga tentu dapat mencegah tekanan darah tinggi.

BACA JUGA:8 Manfaat Kesehatan dari Mengonsumsi Petai, Salah Satunya Dipercaya Ampuh Cegah Anemia

Selain itu, berbagai macam kandungan nutrisi yang ada di dalam sayuran brokoli dapat membantu kerja insulin demi untuk menjaga keseimbangan kadar gula darah.

Dimana berbagai macam kandungan vitamin B tentunya dapat membantu untuk menurunkan risiko aterosklerosis dengan cara mencegah produksi homosistein yang berlebih dalam pembuluh darah.

5. Memiliki sifat antioksidan

Kandungan senyawa antioksidan pada sayur brokoli juga dapat bermanfaat untuk menghambat dan juga menetralkan kerusakan sel akibat radikal bebas.

Senyawa antioksidan tersebut tentu dapat membantu untuk mengurangi peradangan serta memberikan efek perlindungan pada tubuh.

Selain itu, kandungan sulforaphane yang sangat bermanfaat untuk menurunkan kadar gula darah, kadar kolesterol, stres oksidatif, serta dengan perkembangan penyakit kronis.

Tidak hanya itu saja, kandungan vitamin C yang ada di dalam brokoli yang sangat membantu untuk mengurangi racun yang ada di dalam darah.

Kategori :