Penyebab Sakit Perut pada Anak, Waspadai Bahaya Penyakit Ini

Senin 24-06-2024,21:10 WIB
Reporter : Hellen Yuliana
Editor : Febi Elmasdito

3. Sembelit

Bukan hanya diare yang menjadi penyakit dan masalah pencernaan pada anak diantaranya juga sembelit. Ternyata susah buang air besar ini juga merupakan salah satu penyakit yang umum diderita oleh anak-anak.

BACA JUGA:Umur Berapa Anak Harus Bisa Membaca? Ketahui 8 Trik Mengajarkan Anak Supaya Cepat Membaca

Hal tersebut dikarenakan kekurangan jumlah serat yang dikonsumsinya berikut juga karena kekurangan asupan cairan di tubuhnya maka dari itu anak tersebut mengidap penyakit sembelit.

Tentunya Orang tua harus lebih perhatian terhadap makanan yang masuk ke dalam tubuh anak dilihat dari asupan nutrisi yang terkandung di dalamnya jangan sampai anak terjadi masalah sembelit ini.

4. Masalah psikologi

Anak yang mengalami kecemasan dan kepanikan yang berlebih ternyata dapat menyebabkan sakit perut Hal tersebut dikarenakan faktor masalah psikologinya.

Perlu sekali Anda memperhatikan sikap dan tingkah laku anak yang mengalami kecemasan atau kepanikan yang berlebih bisa juga dikarenakan atas trauma terhadap sesuatu.

BACA JUGA:Perubahan Status, Dinkes Bengkulu Siapkan 20 Puskesmas Menjadi BLUD

5. Anak makan yang berlebihan

Ternyata anak memiliki kondisi yang tidak ada gejala kenyang maka dari itu anak akan makan secara berlebihan hal tersebut tentunya dapat memicu sakit perut karena kapasitas yang sudah penuh.

6. Usus Buntu

Selanjutnya penyakit pada anak yaitu karena usus buntu tentunya ini wajib diwaspadai oleh orang tua dengan melihat tanda-tanda pada anak yang kesakitan dalam gejala usus buntu ini.

Jika anak anda merasa nyeri apalagi di daerah sebelah kanan Lebih baik waspadai dan konsultasikan hal tersebut kepada dokter agar mendapatkan tindak lanjut yang lebih tepat.

Biasanya bukan hanya sakit di daerah bagian bawah kanan namun juga disertai dengan mual, muntah, demam dan juga diare ataupun sembelit kalau melihat kondisi ini segera konsultasikan ke dokter.

BACA JUGA:Temukan Manfaat Buah Pala, Untuk Mencegah Jerawat Begini Caranya

Kategori :