Jajanan Tanghulu Viral hingga Jadi Incaran Masyarakat Bengkulu di Festival Tabut, Ini Penampakannya

Selasa 09-07-2024,16:31 WIB
Reporter : Hellen Yuliana
Editor : Febi Elmasdito

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM  - Jajanan asal China ini bernama Tanghulu atau Bintang Hulu yang viral saat ini hingga menjadi incaran masyarakat Bengkulu di Festival Tabut.

Tanghulu merupakan makanan yang saat ini sedang digandrungi oleh masyarakat Bengkulu dengan berbagai buah yang diantaranya adalah anggur, strawberry yang dijadikan sebagai cemilan.

Jajanan ini merupakan manisan yang berasal dari Tiongkok China dengan cara buah-buahan tersebut ditusuk ada sekitar 8 sampai 10 biji ditusuk dengan bambu hampir sekitar 15 sampai 20 cm.

Buah-buahan ini kemudian dilapisi dengan lapisan gula yang keras karena dimasukkan ke dalam sirup gula pada buah-buahan tersebut atau sekarang berkembang dicelupkan bersama dengan coklat ditambah wijen.

BACA JUGA:KPU Kota Bengkulu Terima 97 Tanggapan Pencatutan Nama Jelang Pilkada 2024

Ternyata di festival jajanan tabut ini banyak sekali yang menjual tanghulu yang merupakan makanan atau cemilan jajanan berasal dari daratan China yang berkembang di negara-negara lainnya.

Tanghulu mulai terekspos di negara-negara berkembang lainnya lantaran orang-orang yang berkunjung ke Korea seringkali mengkonsumsi makanan tersebut.

Sehingga makanan jajanan tanghulu ternyata sekarang sedang viral di festival tabut Provinsi Bengkulu yang ternyata menarik perhatian masyarakat Bengkulu saat ini.

Karena terkesan merupakan jajanan yang baru yang tentunya tidak perlu ke Tiongkok cukup ke festival tabut saja makanan ini sudah tersedia dan banyak sekali yang menjualnya.

BACA JUGA:Membuat Camilan Enak dengan Bahan Sederhana, Ada Varian Lumpia Pisang Cokelat hingga Tahu Bakso, Ini Resepnya

Untuk satu tusuk tanghulu ini dibanderol dengan harga yang cukup ramah di kantong yaitu Rp 20.000, banyak sekali pengunjung yang saat ini mengincar makanan tersebut untuk jadi salah satu destinasi kuliner.

Bukan hanya tanghulu yang sedang viral di jajanan festival tabut namun ada juga makanan China yang lain yaitu latiao  juga sepanjang jalan banyak sekali pedagang yang menjualnya beserta dengan mie lidi.

Kuliner untuk festival tabut saat ini sangat beragam yang pada tahun-tahun sebelumnya kuliner dengan makanan korea mendominasi jajanan yang ada di stand-stand jualan tabut.

Namun, saat ini pada tahun ini lebih tepatnya festival tabut diwarnai dengan berbagai macam kuliner yang berasal dari China yang tentunya saat ini sedang viral di masyarakat Bengkulu.

BACA JUGA:Gugatan Praperadilan Dikabulkan, Kapolri Pastikan Kelanjutan Kasus Pegi Setiawan Ditindaklanjuti

Kategori :