Tradisi Aqiqah hingga Buang Rambut Cemar, Berikut Rangkaiannya

Jumat 12-07-2024,08:29 WIB
Reporter : Hellen Yuliana
Editor : Febi Elmasdito

Selain itu, nantinya ketika bayi tersebut akan dipotong rambutnya secara simbolis dalam acara tersebut maka akan digilir satu persatu dari para tamu untuk mengguntingnya.

Dimana nanti rambut cemar tersebut disimpan dan dikumpulkan keseluruhan rambut cemarnya setelah itu baru ditimbang nantinya akan diganti dengan sedekah senilai berat emasnya.

Misalnya ketika ditimbang berat rambut cemar itu 0,5 gram maka disedekahkan berupa uang senilai dengan harga emas 0,5 gram kepada anak yatim piatu untuk sebagai rangkaian acara aqiqah.

Ada pun aqiqah sendiri merupakan penebusan kepada Allah SWT sebagai bentuk syukur kepada pencipta dengan syariat Islam yang sudah berlaku untuk setiap anaknya.

BACA JUGA:Tradisi Penamaan Masyarakat Suku Bali Kaya Akan Makna

Untuk anak perempuan bernilai pengorbanan 1 ekor kambing yang sehat berdasarkan syariat sedangkan untuk anak laki-laki bernilai pengorbanan 2 ekor kambing serta pemberian nama anak tersebut.

Itulah banyaknya rangkaian kegiatan dalam tradisi aqiqah yang bersamaan dengan yang dinamakan tasyakuran untuk anak bayi yang baru lahir yang biasanya dilakukan di hari ke 21.

Kategori :