Sering Digunakan untuk Racing, Ternyata Ini Manfaat dan Kerugian Penggunaan Gas Spontan

Kamis 18-07-2024,10:06 WIB
Reporter : Febi Elmasdito
Editor : Febi Elmasdito

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Gas spontan atau yang juga dikenal sebagai quick throttle adalah jenis throttle pada pegangan gas yang dirancang untuk memberikan respons yang lebih cepat dan lebih agresif saat memutar gas.

Gas spontan biasanya digunakan oleh kendaraan jenis motor untuk keperluan balap atau racing.

Kendaraan yang menggunakan gas spontan, membuat pengendara dapat mencapai putaran gas penuh dengan putaran yang lebih sedikit.

Gas spontan bekerja dengan memodifikasi mekanisme internal throttle sehingga pengendara tidak perlu memutar pegangan gas sejauh yang biasanya diperlukan pada throttle konvensional. 

Ini dicapai dengan menggunakan roller yang memiliki desain lebih agresif, yang memungkinkan throttle body atau karburator membuka lebih cepat seiring dengan putaran gas.

Nah, bagi Anda yang ingin menyematkan gas spontan pada kendaraan Anda, maka perlu tahu manfaatnya terlebih dahulu.

Berikut adalah manfaat menggunakan gas spontan yang telah dirangkum dari beberapa sumber, yakni:

1. Respons Gas yang Lebih Cepat

Dengan gas spontan, pengendara bisa mendapatkan respons mesin yang lebih cepat dan agresif. Ini sangat berguna dalam situasi balapan atau saat membutuhkan akselerasi cepat.

2. Peningkatan Performa

 Karena throttle dapat terbuka lebih cepat, mesin dapat mencapai performa puncak lebih cepat, yang bisa membantu dalam mencapai kecepatan maksimum lebih cepat.


Sering Digunakan untuk Racing, Ternyata Ini Manfaat dan Kerugian Penggunaan Gas Spontan--Foto. Instagram.com/tunasmotorcirebon

3. Kemudahan Penggunaan

Pengendara tidak perlu memutar gas sejauh itu untuk mendapatkan putaran mesin yang diinginkan, sehingga bisa lebih nyaman, terutama dalam perjalanan panjang.

Nah, jika terdapat manfaat tentunya juga bakal ada kerugian dalam penggunaan komponen yang dibuat secara khusus ini. Berikut adalah kerugian menggunakan gas spontan untuk kendaraan, yakni:

Kategori :