Penyebab Nasi di Rice Cooker Gampang Basi, Begini Tips Mengatasinya

Minggu 21-07-2024,11:17 WIB
Reporter : Hellen Yuliana
Editor : Febi Elmasdito

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM  - Nasi di rice cooker Anda gampang basi? Ketahui penyebab dan tips mengatasinya dalam artikel ini.

Banyak sekali yang menjadi faktor penyebab nasi di rice cooker Anda gampang basi. Salah satunya adalah teknik dalam menggunakan rice cooker tersebut sehingga menyebabkan nasi Anda gampang basi.

Faktor kebanyakan air saat memasak nasi di rice cooker tersebut menjadi penyebab utama terjadinya air tertahan di dalam rice cooker sehingga tekstur nasi cenderung lembek dan basah.

Inilah yang menjadi salah satu penyebab terjadinya kerusakan pada rice cooker Anda sehingga menyebabkan ketika anda masak tidak berselang lama nasi di dalam rice cooker menjadi basi.

BACA JUGA:Petani di Mukomuko Dapat Bantuan Budidaya Tanaman Bawang Merah

Ini juga yang menyebabkan penutup dari rice cooker tersebut menjadi longgar sehingga berpengaruh pada sirkulasi udara di dalamnya yang menjadi lebih buruk. Itulah mengapa nasi Anda akan cepat bau dan berair.

Karena harusnya uap nasi keluar melalui lubang ventilasi yang ada di rice cooker tersebut. Namun, karena terjadinya kelonggaran pada penutup tersebut menyebabkan sirkulasi udara menjadi tidak bagus.

Cara memasak menjadi pengaruh besar terhadap rice cooker anda menjadi cepat basi. Untuk itu perlu melakukan tips berikut ini untuk menyelesaikan permasalahan Anda terhadap rice cooker.

Jika benar dengan pengaruh sirkulasi udara pada penutup rice cooker Anda dapat melakukan pembersihan pada penutup rice cooker tersebut, selain itu juga dapat melakukan tips berikut ini.

BACA JUGA:Partai Hanura Serahkan Surat Dukungan Benny Suharto untuk Maju Pilwakot Bengkulu

Untuk cara memasak yang benar agar nasi di dalam rice cooker anda tidak cepat basi Anda dapat melakukan hal berikut ini diantaranya adalah Anda dapat membersihkan bagian dalam dari penanak nasi.

Setelah itu Anda dapat memberikan garam sekitar 2 sendok makan dan air sekitar seperempat dari tempat penanak nasi yang ada di rice cooker anda yang kemudian Anda dapat tanakan seperti memasak nasi.

Lakukan penanakan nasi menggunakan air garam tersebut selama kurang lebih 10 menit hingga benar-benar membuat rice cooker anda diperbaiki secara alami.

Setelah itu jika sudah mendidih Anda dapat mencuci bagian dalam dari rice cooker tersebut bilas dengan air dingin namun tunggu sampai benar-benar dingin.

BACA JUGA:Momen Haru Aaliyah Massaid Jelang Pernikahan, Banjir Air Mata saat Meminta Restu

Setelah benar-benar dingin Anda dapat melakukan pembilasan pada tempat penanak nasi tersebut sehingga campuran air beserta garam tersebut bisa hilang.

Setelah itu rice cooker Anda dapat bisa digunakan seperti biasanya dan terhindar dari nasinya yang cepat basi dengan menggunakan tips yang dapat anda lakukan tersebut.

Selain itu, jika anda juga ingin membuat nasi yang anda tanak lebih tahan lama anda dapat menggunakan sedikit garam saat menanak nasi tersebut.

Garam sangat berfungsi baik sebagai bahan pengawet alami, untuk itu dapat anda gunakan dalam mengatasi nasi basi di dalam rice cooker anda yang menjadi salah satu cara yang dapat Anda lakukan.

BACA JUGA:4 Tips dan Metode Ampuh Membersihkan Noda pada Pakaian

Itulah beberapa tips yang mudah untuk dilakukan dalam mengatasi masalah rice cooker yang cepat basi, penggunaan garam sangat baik sekali untuk menyelesaikan masalah anda.

 

Kategori :