Jelajah Kuliner Nusantara: Mencicipi Es Dawet Ringin Pak Bardi yang Populer di Yogyakarta

Minggu 21-07-2024,11:54 WIB
Reporter : Hellen Yuliana
Editor : Febi Elmasdito

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM  - Dikatakan sebagai es dawet terenak yakni es dawet Ringin pak Bardi. Menjadi salah satu jajanan kuliner nusantara yang pouler dan hanya ada di Yogyakarta.

Es dawet merupakan minuman khas daerah Jawa yang melegenda hingga seluruh pelosok negeri Indonesia banyak sekali yang menjual es dawet yang terkenal dengan minuman manis ini.

Salah satu yang paling enak adalah es dawet Ringin pak Bardi yang menjual di daerah kawasan Jalan Purwomartani Sanggrahan Kabupaten Sleman Provinsi Yogyakarta tepatnya di bawah pohon beringin.

Dengan membawa pikulan khas es dawet Pak Bardi selalu menjajakan dagangannya di daerah kawasan pohon beringin Purwomartani Sleman Yogyakarta, tentunya sudah banyak sekali pelanggan setianya.

BACA JUGA:Prediksi Masalah Pribadi Shio Macan di Awal Tahun Ular Kayu dan Cara Tetap Positif

Hal ini diungkapkan oleh salah satu akun Instagram Wonderfuljogja yang mengabadikan minuman terenak di daerah tersebut tentunya ini menjadi salah satu contoh minuman khas daerah Jawa.

Sampai pelosok negeri siapa yang tidak mengenal dengan es dawet yang merupakan minuman yang sangat menyegarkan dengan cita rasa yang manis yang ditimbulkan dari gula merahnya.

Es dawet sendiri menjadi ciri khas minuman yang berasal dari Jawa, perpaduan dari cendol, santan, dan juga gula merah cair menimbulkan cita rasa yang sangat gurih dan manis.

Salah satu yang terenak yang dijual oleh pak Bardi yang berada di Yogyakarta ini dengan harga yang relatif sangat terjangkau untuk satu gelas minuman es dawet ini dengan harga Rp 5.000.

BACA JUGA:Bukan Hanya Kurma, Ternyata Ini Makanan Kesukaan Rasulullah yang Kini Langka dan Hampir Punah

Sedangkan untuk penambahan topping tapai di dalamnya cukup menambahkan Rp1.000, anda akan mendapatkan minuman es dawet Ringin pak Bardi yang lengkap.

Untuk jam bukanya anda dapat menikmati es dawet Ringin pak Bardi mulai dari pukul 10.00 pagi hingga sampai pukul 03.00 sore itu pun kalau masih ada es dawet yang dijual.

Biasanya diakui oleh Pak  Bardi sendiri tidak sampai jam 03.00 sore minuman yang dijajakannya tersebut sudah habis dibeli oleh para pelanggan setianya yang tentunya sangat terkenal enak di Yogjakarta.

Banyak sekali pelanggan yang datang setiap harinya untuk menikmati es dawet terenak milik pak Bardi tersebut sehingga mereka rela mengantri untuk sajian minuman es dawet Ringin Pak Bardi.

BACA JUGA:Resep Somtam Simple: Makanan Khas Thailand Dengan Bumbu yang Cocok Lidah Indonesia

Keunikan dalam jualan es dawet milik pak Bardi ini sangat berbeda daripada es dawet pada umumnya karena menggunakan Kendi khusus untuk gula merah cairnya.

Selain itu gula merah cair yang digunakan oleh pak Bardi tersebut sangat kental sekali layaknya seperti penggunaan madu di dalamnya bahkan banyak sekali lebah yang mendekati Kendi pak Bardi.

Jelajah kuliner di Yogyakarta bersama es dawet Ringin pak Bardi ini menjadi salah satu destinasi kuliner yang cocok sekali dinikmati oleh para pelancong yang ingin ke Sleman Yogyakarta.

Di sini anda akan menikmati es dawet terenak di Yogyakarta tentunya dengan harga yang sangat relatif terjangkau hanya mengeluarkan Rp5.000 saja anda sudah mendapatkan segelas es dawet.

BACA JUGA:Kue Mipan, Makanan Jadul yang Sudah Langka dari Tionghoa

Penasaran dengan rasa yang ditimbulkan dari es dawet Ringin pak Bardi ini? Anda dapat mendatangi lokasi kawasan Purwomartani di daerah Sleman Yogyakarta tersebut. 

 

Kategori :