Kebutuhan Avtur di 13 Bandara untuk Haji 2024 Berhasil Dipenuhi Pertamina Patra Niaga

Selasa 23-07-2024,20:47 WIB
Reporter : Heri Aprizal
Editor : Heri Aprizal

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - PT Pertamina Patra Niaga berhasil memenuhi kebutuhan avtur di 13 bandara yang melayani penerbangan haji di seluruh Indonesia.

Sebanyak 13 bandara yang dimaksud, yakni Bandara Iskandar Muda, Aceh; Bandara Kualanamu, Medan; Bandara Minangkabau, Padang; Bandara Hang Nadim, Batam; Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II, Palembang.

Kemudian Bandara Soekarno Hatta, Jakarta; Bandara Adi Sumarmo, Solo; Bandara Juanda, Surabaya; Bandara Syamsudin Noor, Banjarmasin; Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Balikpapan.

Selanjutnya Bandara Sultan Hasanuddin, Makassar; Bandara Lombok, Lombok; dan Bandara Kertajati, Majalengka.

BACA JUGA:Pertamina Patra Niaga Perluas Pendataan QR Code Pertalite di Berbagai Wilayah

BACA JUGA:Pertamina Sosialisasikan Penggunaan QR Code Pertalite di Sumbagsel

Hal ini diungkapkan Direktur Pemasaran Pusat dan Niaga PT Pertamina Patra Niaga Maya Kusmaya dalam keterangan resmi, Selasa, 23 Juli 2024.

"Pertamina Patra Niaga bersama pemerintah, otoritas bandara, maskapai, dan lembaga lainnya senantiasa berkoordinasi sehingga operasional penerbangan haji tahun 2024 berhasil kami tunaikan dengan menjaga ketahanan stok avtur untuk menjamin keberlanjutan suplai avtur ke maskapai," ungkap Maya.

Sebagai pendukung penyediaan bahan bakar avtur untuk penerbangan ibadah haji 2024, PT Pertamina Patra Niaga mencatat penyaluran sebanyak 95 ribu kiloliter (KL) avtur dari fase keberangkatan dan fase kepulangan.

Fase keberangkatan berlangsung pada  12 Mei–10 Juni 2024 dan fase pemulangan pada 22 Juni–22 Juli 2024.

BACA JUGA:Pertamina Dukung Kegiatan Otomotif Lewat Produk Berkualitas, Merangkul Bakat dan Minat Masyarakat

BACA JUGA:Pertamina Pastikan Ketersediaan BBM di Bengkulu Aman, Kapal Tanker Telah Bersandar

"Rata-rata penyaluran masa penerbangan haji adalah 12.680 KL per hari atau naik sekitar 11 persen dari rataan harian normal sebesar 11.428 KL per hari," ujar Maya.

Maya menambahkan, penyaluran avtur di 13 AFT (Aviation Fuel Terminal) di bandara embarkasi dan debarkasi selama penerbangan haji juga didukung oleh penambahan sarana.

Yakni dari mulai refueller, storage tank, dan puluhan petugas yang melayani kebutuhan avtur maskapai penerbangan haji.

Kategori :