6 Jenis Kayu Solid Terbaik untuk Furniture

Senin 05-08-2024,19:21 WIB
Reporter : Peri Haryadi
Editor : M. Abadi

5.Kayu solid pohon pinus

Kayu pohon pinus memang tergolong kayu lunak, namun serat kayunya yang sangat menarik menyerupi serat kayu pohon jati.

Sebagai kayu lunak, kayu pohon pinus memang tidak terlalu kuat tetapi di tanah air masih banyak warga menjadikannya sebagai bagian dari 6 jenis kayu solid terbaik untuk furniture.

Hanya saja, bagi Anda yang ingin menjadikan kayu pohon pinus sebagai meja kayu solid terbaik agar memperhatikan proses finishingnya sebagiknya menggunakan warna natural, jangan pernah menggunakan warna solid. 

Sekalipun kayu pohon pinus adalah kayu lunak, ketahanannya tidak perlu diragukan karena tetap awet dengan minyak alami di kayu pinus yang tidak disukai oleh hama. 

Ketebalan potongan ataupun belahan pohon kayu pinus untuk menjadi meja kayu solid terbaik hendaknya lebih menjadi perhatian yakni harus lebih tebal karena kayu jenis ini mudah pecah atau melengkung.

BACA JUGA:Butuh Dana Rp280 Juta – Rp300 Juta, Simak Angsuran di Bank Bengkulu Tenor 12 Tahun

BACA JUGA:Ramalan Keuangan Shio di Tahun Ular Kayu 2025: Prediksi Rezeki dan Tantangan Finansial

6.Kayu solid pohon eboni

Kayu Eboni adalah bagian dari 6 jenis kayu solid terbaik untuk furniture di tanah air Indonesia, kayu ini endemik wilayah Sulawesi yakni Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara dan Sulawesi Selatan. 

Ketinggian kayu pohon Eboni dengan sebutan ilmiah "Diospyros Celebica" mencapai hingga 40 meter dengan diameter batang kayu mencapai lebih kurang 1 meteran. 

Jenis kayu pohon Eboni ini sudah ada sejak abad ke-18 dan merupakan kayu yang masuk kategori kayu mewah hingga sangat disukai sebagai bahan dasar furniture, termasuk menjadi meja kayu solid terbaik.

Kategori :