Wow! 5 Bahan Sederhana Ini Ampuh Menyuburkan Tanaman, Apa Saja? Lihat di Sini

Sabtu 10-08-2024,13:55 WIB
Reporter : Hellen Yuliana
Editor : Febi Elmasdito

RAKYATBENGKULU.COM   - Terdapat 5 bahan sederhana yang ampuh menyuburkan tanaman. Anda bisa lihat apa saja bahan sederhana tersebut dan khasiatnya di artikel ini.

Bukan hanya sampah yang dapat digunakan untuk bahan organik seperti kompos untuk kesuburan tanaman. Namun, ada hal-hal yang ternyata kita anggap biasa namun bermanfaat untuk tanaman.

Bahan-bahan sederhana ini biasanya kita anggap sebagai sesuatu yang tidak berarti, tetapi jangan salah, bahan sederhana tersebut ternyata baik sekali dalam dunia perkebunan.

Apa saja itu? Mari kita simak mengenai bahan-bahan sederhana yang dapat digunakan untuk menyuburkan tanaman dikutip akun facebook resep sehat, yaitu:

BACA JUGA:4 Mitos Khasiat Harimau untuk Kesehatan Manusia, Terbukti Kebenarannya?

BACA JUGA:Pemkab Rejang Lebong Dorong Petani Gunakan Pestisida Nabati

1. Air rebusan mie/pasta, sayur, telur, kentang

Ternyata air rebusan mie atau pasta atau bisa juga rebusan yang digunakan untuk sayuran, telur dan kentang dapat bermanfaat baik untuk kesuburan tanaman.

Hal sederhana ini banyak sekali yang menganggap tidak ada manfaatnya, ternyata yang ada di zat tersebut manfaat baik untuk menyuburkan tanaman.

Karena zat tersebut ditenggarai memiliki banyak sekali kandungan mineral, pati, vitamin dan nutrisi yang bermanfaat untuk tanaman. Maka dari itu bahan sederhana ini dapat berfungsi baik saat berkebun.

Jangan lupa dinginkan dulu air bekas rebusannya sebelum disiram ke media tanam sehingga dapat diambil manfaat dari bahan sederhana tersebut untuk menyuburkan tanaman.

BACA JUGA:5 Tanaman Mengandung Pestisida Alami, Begini Cara Mengolahnya

BACA JUGA:Pestisida Nabati dari Serai dan Bawang Putih, Begini Cara Pembuatannya

2. MSG/Micin

Bukan itu saja, ternyata MSG atau biasa disebut dengan micin memiliki kandungan seperti kalium dan natrium yang baik untuk menyuburkan berbagai jenis tanaman. 

Kategori :