8 Cara Merawat Buah Sawit Agar Tidak Trek, Mulai dengan Pemupukan yang Efektif

Minggu 11-08-2024,09:49 WIB
Reporter : Apriyan Doni
Editor : Febi Elmasdito

RAKYATBENGKULU.COM -  Agar kebun kelapa sawit Anda tetap produktif dan buahnya tidak trek atau tidak berkurang, maka sangat penting untuk menjaga kesehatan tanaman.

Selain itu, memastikan semua kebutuhan nutrisi serta lingkungan pada tanaman kelapa sawit agar terpenuhi itu juga sangat penting.

Nah, berikut ada beberapa tips spesifik untuk merawat kebun sawit agar buahnya tetap sehat dan optimal, yang telah rakyatbengkulu.com rangkum dari berbagai sumber, diantaranya:

1. Pemupukan yang Efektif

- Pemupukan Berkala: Lakukan pemupukan sesuai dengan rekomendasi berdasarkan hasil analisis tanah. Biasanya, sawit memerlukan pupuk yang mengandung N (nitrogen), P (fosfor), dan K (kalium) serta mikronutrien seperti magnesium dan boron.

BACA JUGA:8 Tanda Awal Kerusakan Mata dan Cara Mengatasinya

BACA JUGA:Tips Menanam Bawang Merah dalam Polybag, Berkebun di Halaman Rumah Jadi Menyenangkan

- Pupuk Tambahan: Selain pupuk dasar, Anda mungkin memerlukan pupuk tambahan untuk memenuhi kekurangan spesifik berdasarkan kebutuhan tanaman.

2. Pengelolaan Air

- Penyiraman: Pastikan sawit mendapatkan cukup air, terutama selama musim kemarau. Namun, hindari penyiraman berlebihan yang dapat menyebabkan akar membusuk.

- Drainase yang Baik: Perbaiki sistem drainase di kebun untuk mencegah genangan air, yang bisa menyebabkan penyakit akar dan pembusukan.

3. Pengendalian Hama dan Penyakit

- Pengawasan Rutin: Lakukan pemeriksaan rutin untuk mendeteksi hama dan penyakit lebih awal. Hama seperti kutu daun, ulat grayak, dan penyakit seperti busuk pangkal batang bisa menyebabkan kerontokan buah.

BACA JUGA:Tingkatkan Kemampuan dan Keterampilan Personil, Polresta Bengkulu Laksanakan Latkatpuan Menembak

BACA JUGA:Resep Takoyaki Ala Chef Devina Hermawan, Bisa untuk Stok Anak Sekolah

Kategori :