Ramuan Herbal yang Direkomendasikan dr Zaidul Akbar untuk Hancurkan Batu Ginjal

Rabu 14-08-2024,10:04 WIB
Reporter : Rizky Nova Amelia
Editor : Heri Aprizal

Nah, pasien dengan batu ginjal yang ukurannya sudah besar dan menyumbat saluran kemih, dr Zaidul Akbar menyarankan untuk melakukan operasi pengangkatan atau penghancuran batu ginjal.

Kondisi ginjal yang sudah parah berisiko menyebabkan penderita tidak dapat buang air kecil, bahkan menimbulkan kolik atau nyeri yang tidak tertahankan.

Dalam kasus seperti ini, intervensi medis lebih lanjut seperti operasi harus dilakukan untuk mengatasi masalah dan menghindari komplikasi yang lebih serius lagi.

Hal tersebut disampaikan dr Zaidul Akbar dalam suatu ceramah yang videonya diunggah oleh kanal Youtube dr Zaidul Akbar Official.

BACA JUGA:7 Manfaat Emping Melinjo untuk Kesehatan, Salah satunya Mampu Menjaga Kesehatan Ginjal

BACA JUGA:Jangan Sepelekan Ginjal Kotor ! Karena Bisa Menyebabkan Masalah Serius

"Kalau sudah sampai menimbulkan kolik, yang saya pahami justru akan menyebabkan rusaknya ginjal. Jadi memang sebaiknya harus dioperasi," kata dr Zaidu Akbar.

Jika kondisi batu ginjal masih ringan, pasien masih bisa buang air kecil meski jumlahnya sedikit, dr Zaidul Akbar menyarankan penggunaan minuman  herbal sebagai bantuan pengobatan.

Minuman herbal tersebut sangat mudah disiapkan, hanya dengan merebus akar alang-alang, sejenis rerumputan panjang, hijau, dan lebat.

Akar alang-alang sudah lama dikenal sebagai ramuan herbal yang mampu melancarkan aliran di saluran ginjal dan membantu menghancurkan batu ginjal.

Cara penyajiannya juga terbilang cukup sederhana, kamu cukup merebus akar alang-alang dan konsumsi air rebusannya secara rutin untuk mendapatkan manfaatnya.

BACA JUGA:Turunkan Berat Badan dan Cegah Pembentukan Batu Ginjal, Ini 8 Manfaat Minum Air Putih di Pagi Hari

BACA JUGA:Merusak Ginjal, 7 Daftar Makanan Tinggi Natrium yang Harus Dihindari Lansia

dr Zaidul Akbar juga merekomendasikan menggunakan daun pegagan sebagai obat pemecah batu ginjal.

Daun pegagan diketahui memiliki khasiat dalam membantu memperlancar aliran darah dan membantu penyembuhan luka.

Tanaman ini dapat dengan mudah tumbuh liar di berbagai tempat seperti perkebunan, ladang, tepi jalan, dan pematang sawah.

Kategori :