Wajib Perhatikan Ini ! Cara Menarik Rem Tangan yang Benar dan Efektif pada Mobil

Rabu 14-08-2024,20:56 WIB
Reporter : Peri Haryadi
Editor : M. Abadi

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Bagaimana cara menarik rem tangan yang benar dan efektif pada mobil kesayangan? Anda wajib perhatikan ini. 

Penggunaan rem tangan pada mobil sebenarnya sangat sederhana sekali, namun beberapa teknik tertentu tetap harus jadi perhatian hingga didapatkan penggunaan rem tangan yang benar dan efektif.

Peran rem tangan pada mobil memang sangat penting bagi pengendara ketika ingin mengunci kendaraan saat parkir di jalan yang permukaannya menanjak dan menurun. 

Kendaraan akan terparkir dengan aman dan stabil ketika dikunci dengan penggunaan rem tangan yang benar dan efektif.

BACA JUGA:Tips Cek Master Rem Mobil Bekas, Pastikan Sistem Pengereman Tidak Bermasalah dengan Cara Ini

BACA JUGA:Ciri Rem Mobil Mulai Bermasalah, Jangan Pernah Abaikan Demi Keselamatan

"Ya, fungsi rem tangan memang sangat penting. Jadi wajib perhatikan ini, cara menarik rem tangan yang benar dan efektif pada mobil," kata Mas Agus pemilik bengkel di Kota Bengkulu, kepada rakyatbengkulu.com

Kenyataan di lapangan, beberapa pengendara saat menggunakan rem tangan ada yang menekan tombol release yang tersedia, tetapi beberapa pengendara ada juga yang langsung menarik tuas rem tangan pada mobil.

Menyikapi beberapa kenyataan di lapangan tersebut, Mas Agus mengakui cara menarik rem tangan yang benar dan efektif pada mobil tidaklah ribet, sangat simpel.

"Silakan lakukan dengan cara tarik rem tangan pada mobil Anda. Pengendara tidak perlu memencet tombol release yang ada pada tuas. Jadi silakan tarik dan tidak perlu pencet tombol. Tetapi ketika pengendara ingin melepas rem tangan pada mobil, baru Anda memencet tombol release itu,” kata Mas Agus, Rabu 14 Agustus 2024.

BACA JUGA:5 Cara Merawat Rem Mobil Tanpa Harus ke Bengkel, Pengereman Tetap Pakem !

BACA JUGA:Jangan Abaikan Perawatan Rem Mobil, Periksa Ketebalan Kanvas Rem, Cek Cairan Rem Pada Tangki Master

Tombol release pada tuas rem tangan, kata Mas Agus, fungsinya untuk membebaskan pengunci rem tangan pada mobil.

Tombol release pada tuas rem tangan memang sudah dirancang pabrikan mobil demikian, hingga keliru apabila masih ada yang mengatakan menarik rem tangan perlu dipencet tombol release.

Apalagi ketika ada yang mengatakan menarik rem tangan sambil memencet tombol release agar komponen rem lebih awet, keliru sekali itu.

Kategori :