Ular Masuk rumah Warga Kepahiang, Damkar Rejang Lebong Beraksi

Rabu 21-08-2024,19:18 WIB
Reporter : Badri
Editor : Peri Haryadi

REJANG LEBONG, RAKYATBENGKULU.COM - Seekor ular sepanjang 80 centimeter (Cm) menyelinap di bawah mobil yang terparkir di garasi rumah milik Dewi Sinta (40).

Dewi merupakan seorang guru, warga Simpang Kota Bingin Kecamatan Merigi Kabupaten Kepahiang.

Kejadian tersebut Rabu, 21 Agustus 2024 sekira pukul 14.15 WIB.

Sontak saja, pemilik rumah yang melihat hal tersebut merasa terkejut dan khawatir ular tersebut membahayakan penghuni rumah.


Ular Masuk rumah Warga Kepahiang, Damkar Rejang Lebong Beraksi --badri/rakyatbengkulu.com

"Jadi sepulang mengajar, memarkirkan sepeda motor dan melihat ular menyelinap masuk di bawah kolong mobil di garasi rumah," terang Dewi Sinta.

Merasa khawatir, akhirnya melaporkan kejadian tersebut ke Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu.

"Tak berselang lama, 4 orang personel Damkar Rejang Lebong datang dan melakukan evakuasi terhadap ular tersebut," kata Dewi Sinta.


Ular Masuk rumah Warga Kepahiang, Damkar Rejang Lebong Beraksi --badri/rakyatbengkulu.com

Sementara itu, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Rejang Lebong Feri Najamuddin SH mengatakan, pemadaman api adalah salah satu tugas utama Damkar.

Namun Tupoksi Damkar tidak hanya terbatas pada itu, mereka juga bertanggung jawab untuk melakukan penyuluhan dan sosialisasi tentang pencegahan kebakaran kepada masyarakat dan dunia usaha. 

Hal ini menunjukkan bahwa Damkar bukan hanya bertindak setelah kejadian terjadi, tetapi juga proaktif dalam mencegahnya.


Ular Masuk rumah Warga Kepahiang, Damkar Rejang Lebong Beraksi --badri/rakyatbengkulu.com

"Petugas Damkar tidak hanya dilatih untuk memadamkan api, tetapi juga diberdayakan untuk menjadi serba bisa dalam menjalankan tugas mereka dalam membantu masyarakat. Contohnya jika ada rumah warga ada kemasukan bintang berbahaya ular, tawon bersarang dirumah, serangan ulat atau membantu penanganan musibah bencana alam serta operasi lepas cincin," kata Fery Najamuddin.

Disebutkan Fery Najamuddin, petugas Damkar tidak hanya aktif dalam menanggulangi kebakaran, tetapi juga dalam melakukan penyuluhan dan sosialisasi kepada masyarakat. 

Kategori :