4 Cara Mengatasi dan Mencegah Daun Busuk pada Tanaman Anggrek

Senin 02-09-2024,09:10 WIB
Reporter : Apriyan Doni
Editor : Febi Elmasdito

RAKYATBENGKULU.COM - Daun busuk pada tanaman anggrek adalah kondisi di mana daun mengalami kerusakan akibat berbagai faktor, seperti infeksi jamur, bakteri, atau kondisi lingkungan yang tidak ideal.

Masalah ini dapat mengancam kesehatan tanaman anggrek secara keseluruhan jika tidak ditangani dengan cepat.

Menangani dan mencegah daun busuk pada tanaman anggrek memerlukan perhatian khusus.

Berikut adalah beberapa tips untuk mengatasi dan mencegah daun busuk pada tanaman anggrek yang telah dirangkum oleh Rakyatbengkulu.com dari berbagai sumber:

BACA JUGA:Sama-sama Suka Menempel di Batang Pohon, Apa Beda Anggrek dengan Benalu?

BACA JUGA:6 Anggrek Langka di Indonesia yang Terancam Punah

Cara Mengatasi Daun Busuk

1. Identifikasi dan Pemangkasan

Periksa daun tanaman anggrek untuk mengetahui penyebab busuk. Daun yang busuk sering kali memiliki bercak coklat, hitam atau berair, gunakan gunting atau pisau tajam yang steril untuk memotong daun yang busuk.

Potong di pangkal daun atau dekat dengan batang untuk mencegah penyebaran infeksi, dan sterilkan alat dengan alkohol setelah digunakan.

2. Perbaiki Kondisi Lingkungan

Sesuaikan jadwal penyiraman, tanaman anggrek umumnya memerlukan penyiraman ketika media tanam mulai mengering, dan pastikan pot memiliki drainase yang baik untuk mencegah genangan air. Kurangi kelembaban jika terlalu tinggi.

Pastikan ada ventilasi yang baik atau gunakan kipas kecil untuk meningkatkan sirkulasi udara di sekitar tanaman, tempatkan tanaman anggrek di area dengan cahaya terang namun tidak langsung, tanaman anggrek membutuhkan cahaya yang cukup, tetapi cahaya matahari langsung dapat membakar daunnya.

BACA JUGA:Anggrek Hartinah, Flora Endemik Langka Namanya Diambil dari Tokoh Ini

BACA JUGA:Unik dan Langka, Anggrek Hitam Asal Kalimantan Paling Diinginkan Kolektor

Kategori :