Agar kita bisa mengetahui kenapa harga ABS lebih mahal ketimbang CBS, mari kita simak berikut ini.
Rem ABS adalah sistem pengereman yang dirancang untuk menjaga keselamatan dengan mencegah kendaraan mengunci roda ketika pengemudi melakukan pengereman mendadak.
Sehingga mengurangi resiko tergelincir akibat roda mengunci dapat dihindari.
Fitur ABS ini memakai dua cakram, yaitu di depan dan di belakang.
Kedua cakram ini sistem kerjanya sama dengan teknologi otomatis, dimana pengeremannya diterima dan diolah lagi oleh Electronic Control Unit (ECU).
Kemudian data yang telah diolah oleh ECU akan memerintahkan ABS untuk mengatur tekanan cairan pada rem hidrolik, karena ia berperan sebagai media penyalur pengereman atau yang disingkat Fluida di dalam kaliper untuk memberikan tekanan pada cakram.
Fitur CBS Rem CBS Honda adalah teknologi pengereman yang telah menjadi ciri khas motor matic Honda.
Lalu bagaimana sih kerja sistem pengereman CBS?
Sistem CBS dirancang untuk memperpendek jarak berhenti, saat melakukan pengereman dengan mengkombinasikan rem belakang dan depan.
Rem belakang dan depan akan bekerja bersamaan meski pengendara hanya menarik satu tuas rem saja.
Sehingga pengendara menjadi aman ketika melakukan pengereman jarak pendek.
Rem belakang dan depan akan bekerja secara bersamaan meskipun kendaraan hanya menarik satu tuas rem saja.
Saat tuas rem belakang ditarik, kaliper rem belakang dan depan akan memberikan tekanan pada cakram dengan porsi yang berbeda.
Kenapa fitur ABS lebih mahal ketimbang fitur CBS?
Karena dari sistem ABS perlu adanya tambahan komponen mulai dari ECM, detector kecepatan dan katup rem pompa.
Itulah kenapa harga ABS lebih malah mahal ketimbang CBS, karena ABS sudah dilengkapi dengan pengereman seperti hidrolik atau pengereman.