Tips untuk Para Anak Rantau Agar Bisa Beradaptasi di Lingkungan yang Baru

Selasa 17-09-2024,21:50 WIB
Reporter : Kharisma Rahma Amanda
Editor : Heri Aprizal

RAKYATBENGKULU.COM – Apa saja yang harus dilakukan ketika kamu baru pertama kali bepergian jauh dan menetap untuk merantau melanjutkan pendidikan ataupun menjalani pekerjaan yang baru?

Yuk, simak tips dari Anisa Sopiah berikut ini.

Dikutip dari laman akun TikTok @anisasopiah08, dia menceritakan pengalaman pribadinya mengenai pertama kali merantau untuk kuliah.

"Sedikit cerita kalau dulu aku juga anak rantau dan semuanya serba sendiri," ungkap Anisa Sopiah di dalam salah satu video konten TikTok.

Tips untuk para anak rantau ala Anisa Sopiah adalah sebagai berikut :

BACA JUGA:Peluang Usaha Laundry yang Cocok Bagi Pemula, Segini Modal Awal yang Diperlukan

BACA JUGA:Peluang Bisnis Buket Bunga di Kalangan Mahasiswa, Bisa Menghasilkan Cuan dari Kosan

1. Membuat list kontak darurat

Hal ini sangat penting sekali, karena jika kalian adalah seorang perantau yang artinya adalah menjalani aktivitas atau berkegiatan dengan yang apa-apa serba sendiri dan juga tidak mengetahui apa saja yang akan terjadi di masa depan nantinya. 

Jadi, kalian harus sigap untuk mempersiapkan jikalau terdapat hal-hal yang terjadi di luar kendali kita sehingga dapat langsung menghubungi siapapun yang terdekat dengan bertujuan untuk memberi kabar ada hal apa saja yang sedang terjadi. 

Pertama, isi list kontak darurat tersebut adalah kontak keluarga ataupun kontak teman. Mengapa demikian?

Supaya jika sedang mengalami hal darurat nantinya kalian dapat menghubungi salah satu dari mereka, sehingga mereka pun dapat membantu disaat kamu membutuhkan pertolongan tersebut.

BACA JUGA:Resep Ikan Bakar Kembung dengan Sambal Colo-Colo Ala Chef Devina Hermawan

BACA JUGA:Heboh! Pelajar SMA di Bengkulu Selatan Ditemukan Gantung Diri di Kosan, Begini Kronologisnya

Hal penting yang harus diperhatikan dalam membuat list kontak darurat ini adalah memastikan orang-orang tersebut berada dalam wilayah yang sama ataupun wilayah yang berdekatan.

Kategori :