Susi Pudjiastuti Sampaikan Hal Ini Usai Pilot Susi Air Philip Mark Mehrtens Dibebaskan

Sabtu 21-09-2024,16:08 WIB
Reporter : Heri Aprizal
Editor : Heri Aprizal

RAKYATBENGKULU.COM - Pemilik Susi Air, Susi Pudjiastuti, mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berupaya membebaskan Pilot Philip Mark Mehrtens dari Organisasi Papua Merdeka (OPM)/Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogoya di Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan.

"Saya bersyukur dan menyampaikan terima kasih setelah mendengar kabar bahwa Kapten Philip sudah kembali," katanya dikutip antaranews.com, Sabtu, 21 September 2024.

Menurut Susi, dari informasi yang diterima Kapten Philip dalam keadaan sehat saat dibebaskan dan saat ini sudah berada di Timika, Papua Tengah.

Pilot Philip dibebaskan pada Sabtu, 21 September 2024 dan dijemput oleh tim gabungan TNI-Polri yang tergabung dalam Satgas Operasi Damai Cartenz 2024 di Kampung Yuguru, Distrik Maibarok, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan.

BACA JUGA:Pilot Susi Air Kapten Phillip Mark Marthens yang Disandera OPM Dibebaskan, Begini Prosesnya

BACA JUGA:Wuling Hadirkan Varian Baru Air ev Lite Long Range, Solusi Ideal Mobil Listrik Ramah Lingkungan

Pilot Philip disandera oleh OPM/KKB pimpinan Egianus Kogoya sejak Februari 2023 dan selama periode itu pemerintah Indonesia terus melakukan berbagai upaya untuk membebaskan pilot berkebangsaan Selandia Baru tersebut.

Susi juga mengatakan bahwa saat ini pihaknya masih memikirkan terkait rencana untuk melakukan penerbangan ke daerah rawan konflik di Papua.

"Belum tahu kalo sekarang, kami masih memikirkan itu, namun saat ini kami bersyukur Kapten Philip sudah bebas," ujarnya.

Setelah dibebaskan Pilot Philip langsung dibawa ke ruangan khusus untuk dilakukan mitigasi medis sekaligus memastikan kondisi psikologis.

BACA JUGA:Harimau Sumatera Teror Masyarakat, Sapi dan Anjing Jadi Korban, Warga Napal Putih Cemas

BACA JUGA:Pemerintah Tak Serius dalam Pengelolaan Energi Bersih, PLTS di Bengkulu Banyak Rusak

Dengan demikian, kebebasan Pilot Philip menjadi bukti bahwa upaya pembebasan yang dilakukan oleh Pemerintah Indonesia dapat memperoleh hasil yang positif.

Pemerintah Indonesia telah berupaya keras untuk membebaskan Pilot Philip dan memberikan keselamatan pada dirinya.

Upaya pembebasan ini tidak hanya sekadar merealisasikan keselamatan pilot tersebut, tetapi juga membantu membangun kepercayaan dan perdamaian di Papua.

Kategori :