Dinkes Rejang Lebong Kejar Target Imunisasi Polio Kemenkes RI

Senin 07-10-2024,18:56 WIB
Reporter : Badri
Editor : Peri Haryadi

REJANGLEBONG, RAKYATBENGKULU.COM – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, terus melakukan penyisiran di desa/kelurahan di 15 kecamatan untuk mencari anak-anak yang belum mendapatkan imunisasi polio dosis I dan II.

Target pemberian imunisasi polio di 15 kecamatan di Kabupaten Rejang Lebong adalah 36.382 anak, atau minimal 95 persen sesuai target yang ditetapkan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI).

Kepala Dinas Kesehatan Rejang Lebong, Dhendi Novianto Saputra, menjelaskan bahwa melalui program sweeping rumah ke rumah, pihaknya mencari anak usia 0 hingga 12 tahun kurang sehari yang belum diimunisasi polio, untuk memenuhi target.

BACA JUGA:Honda CBR250RR: Motor Sport dengan Performa Tangguh dan Teknologi Modern

BACA JUGA:Desa di Kabupaten Bolaang Mongondow dan Minahasa Raih Dana Insentif Desa 2024

"Capaian PIN polio di Kabupaten Rejang Lebong hingga saat ini, untuk pemberian dosis I baru mencapai 28.085 anak atau 77,30 persen. Untuk imunisasi dosis II, sebanyak 23.259 anak atau 64,12 persen dari target," terang Dhendi Novianto Saputra.

Menurut Dhendi, capaian imunisasi polio dosis I dan II masih jauh dari target pemerintah pusat, yaitu pemberian dosis I harus mencapai 95 persen. 

"Untuk memenuhi target yang ditentukan pemerintah pusat, daerah yang belum tercapai diberikan perpanjangan hingga 23 Oktober 2024," jelasnya.

BACA JUGA:Spesifikasi Lengkap Honda CB150X: Motor Sporty yang Siap Mengguncang Jalanan

BACA JUGA:Desa di Kabupaten Bulungan, Malinau, Nunukan, dan Tana Tidung Raih Dana Insentif Desa 2024

Perpanjangan pelaksanaan imunisasi polio ini tertuang dalam surat Kemenkes RI nomor: IM.02.03/C.I/7264/2024, menandakan masih banyak daerah di Indonesia yang capaian PIN polionya masih rendah.

Dinas Kesehatan mengimbau para orang tua yang memiliki anak yang belum diberikan imunisasi polio agar mendatangi puskesmas, posyandu, atau RSUD Rejang Lebong untuk mendapatkan imunisasi polio secara gratis.

BACA JUGA:Desa di Kabupaten Kutai Barat, Kutai Timur, Penajam Paser Utara, dan Mahakam Ulu Raih Dana Insentif Desa 2024

BACA JUGA:Fitur Modern Honda CB150R Streetfire: Tangguh dan Nyaman di Segala Kondisi

Pemberian imunisasi polio sangat penting bagi anak-anak untuk menumbuhkan kekebalan dan mencegah mereka terserang virus polio, terutama karena di wilayah Provinsi Bengkulu sudah ditemukan beberapa kasus polio.

Kategori :