10 Manfaat Mengonsumsi Mengkudu, Salah Satunya Mendukung Kesehatan Jantung

Jumat 11-10-2024,15:01 WIB
Reporter : Apriyan Doni
Editor : Febi Elmasdito

RAKYATBENGKULU.COM - Mengkudu, atau dalam bahasa ilmiahnya Morinda citrifolia, adalah buah yang berasal dari daerah tropis, termasuk Asia Tenggara dan Polinesia.

Mengkudu memiliki bentuk bulat dan berwarna hijau kekuningan ketika matang, meskipun rasanya agak pahit dan baunya kuat, mengkudu dikenal karena banyak manfaat kesehatannya.

Mengkudu kaya akan vitamin C, antioksidan, dan senyawa aktif lainnya yang dianggap dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengurangi peradangan, dan meningkatkan kesehatan kulit.

Selain itu, mengkudu juga sering digunakan dalam pengobatan tradisional untuk berbagai macam kondisi kesehatan.

BACA JUGA:9 Manfaat Buah Alpukat untuk Kesehatan Pria yang Perlu Anda Ketahui

BACA JUGA:11 Manfaat Kesehatan Buah Stroberi yang Lebih dari Sekadar Menurunkan Berat Badan

Di beberapa tempat, mengkudu bisa dimakan langsung, namun lebih umum digunakan dalam bentuk jus, suplemen, atau bahan campuran dalam hidangan lainnya.

Meskipun tidak semua orang menyukai rasanya, namun manfaat kesehatan yang ditawarkannya membuatnya menjadi buah yang cukup diperhatikan.

Mengkudu adalah buah yang terkenal dengan berbagai manfaat kesehatan. Berikut adalah beberapa manfaat dari mengonsumsi mengkudu, yang telah Rakyatbengkulu.com rangkum dari berbagai sumber diantaranya:

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin C yang tinggi dalam mengkudu berperan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh, ini membantu tubuh melawan infeksi dan mempercepat proses penyembuhan.

BACA JUGA:10 Manfaat Luar Biasa Buah Delima untuk Kesehatan Anda, Bisa Meningkatkan Sistem Imun

BACA JUGA:Buah Kedondong Bisa Meningkatkan Kesehatan Mata, Berikut 11 Manfaat Lainnya untuk Tubuh

2. Sifat Anti-inflamasi

Mengkudu memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh, ini bermanfaat bagi orang yang menderita penyakit inflamasi kronis, seperti arthritis.

Kategori :