Jemput Bola Hingga SD, Dukcapil Bengkulu Pastikan Seluruh Anak Miliki KIA

Sabtu 26-10-2024,11:42 WIB
Reporter : Febi Elmasdito
Editor : Febi Elmasdito

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Bengkulu kembali memperluas layanan administrasi kependudukannya.

Tak hanya fokus pada perekaman KTP di tingkat SMA, Dukcapil kini turut menyasar siswa Sekolah Dasar (SD) untuk memastikan setiap anak memiliki Kartu Identitas Anak (KIA).

Langkah ini diambil untuk memudahkan mereka dalam mengakses layanan publik dan memastikan seluruh anak di bawah usia 17 tahun memiliki identitas resmi.

“Jemput bolanya sekarang ke SD, memastikan murid SD itu ada KIA semua,” ujar Kepala Dukcapil Kota Bengkulu, Drs. Widodo dikutip KORANRB.ID.

BACA JUGA:Mahasiswa di Ambang Wisuda Ditangkap Akibat Jadi Kurir Ganja Hampir Setengah Kilogram

BACA JUGA:Kasus Dugaan Korupsi Dana BOS SMPN 17 Bengkulu Senilai Rp1,2 Miliar Segera Disidangkan

Program ini melibatkan kerja sama langsung dengan sekolah dan pihak kelurahan, seperti yang telah dilakukan di SD Negeri 87, di mana 39 siswa telah berhasil mendapatkan KIA mereka.

Para siswa hanya perlu menyerahkan Kartu Keluarga (KK) dan akta kelahiran mereka melalui guru masing-masing, yang kemudian akan diproses oleh Dukcapil.

“Untuk fotonya sendiri, murid bisa mengirim secara langsung ke petugas kita,” tambah Widodo.

Tak hanya menyasar siswa SD, Dukcapil juga memberikan perhatian khusus pada anak-anak dengan kebutuhan khusus.

BACA JUGA:Wisuda di Depan Mata, Mahasiswa Bengkulu Ditemukan Tewas Gantung Diri di Rumahnya

BACA JUGA:Kenali Tanda Throttle Body Motor Bermasalah dan Cara Mengatasinya

Pada 17 September 2024, Dukcapil Kota Bengkulu mengunjungi SLB 2 Kota Bengkulu untuk menyerahkan 13 KIA dan 21 KTP bagi siswa disabilitas.

Dengan adanya KIA dan KTP ini, diharapkan para siswa dapat lebih mudah melanjutkan pendidikan dan mengurus berbagai keperluan administrasi lainnya.

“Dengan diserahkannya kedua dokumen ini, siswa disabilitas dapat lebih mudah melanjutkan pendidikan serta berurusan dengan lembaga-lembaga lainnya yang memerlukan dokumen identitas,” jelasnya.

Langkah ini, menurut Widodo, merupakan bagian dari upaya berkelanjutan Dukcapil untuk memastikan seluruh warga Kota Bengkulu, termasuk anak-anak dan siswa disabilitas, mendapat pengakuan dan perlindungan identitas dari negara.

BACA JUGA:Kenali Amanda, Chatbot Siap Membantu Kebutuhan Motor Honda Anda

BACA JUGA:Perawatan Bearing Motor Honda Agar Berkendara Tetap Aman dan Nyaman

Hal ini juga mencerminkan komitmen Pemkot Bengkulu dalam memenuhi kebutuhan administratif warganya yang berkebutuhan khusus.

“Kita pastikan semua masyarakat di Kota Bengkulu mendapatkan pengakuan terhadap warga negara dengan diberikan identitas diri,” tegas Widodo.

Wakil Kepala SLB 2 Kota Bengkulu, Dita Purnama Sari, S.Pd, mengapresiasi langkah proaktif dari Dinas Dukcapil ini.

Ia menyatakan bahwa program jemput bola tersebut sangat membantu para siswa dan pihak sekolah.

BACA JUGA:Daur Ulang Kulit Kentang: 5 Cara Kreatif dan Ramah Lingkungan yang Wajib Kamu Coba!

BACA JUGA:Resep Kentang Panggang ala Western untuk Dinner Romantis di Rumah yang Simpel dan Lezat

“Kita berharap dengan program yang dilakukan Dinas Dukcapil Kota Bengkulu ini dapat berlanjut dan siswa kami dapat terbantu lebih banyak lagi,” ujar Dita.

Dukcapil Kota Bengkulu berkomitmen untuk terus berinovasi dalam pelayanan publik, demi meningkatkan kualitas hidup warganya.

Program ini diharapkan tidak hanya memberikan kemudahan administratif, tetapi juga manfaat jangka panjang dalam kehidupan sehari-hari bagi siswa di Kota Bengkulu.

 

Kategori :