HONDA

Warga Diminta Siapkan Alat Tulis Sendiri, Vertual Bakal Paslon

Warga Diminta Siapkan Alat Tulis Sendiri, Vertual Bakal Paslon

BENGKULU-  Di tengah pandemi covid-19, tahapan verifikasi faktual (vertual) terhadap bakal paslon perseorangan kepala  dan wakil kepala daerah di empat kabupaten, Bengkulu Selatan, Kepahiang, Lebong dan Rejang Lebong, akan dilakukan sangat ketat. Pasalnya KPU meminta warga yang nantinya didatangi petugas vertual untuk menyiapkan alat tulis sendiri.

Disampaikan Komisioner KPU Provinsi Bengkulu, Emex Verzoni, SE, selain petugas diwajibkan memakai alat pelindung diri (APD) sesuai protokol kesehatan, Pihaknya juga akan memberlakukan hal tertentu bagi masyarakat.

“Salah satunya kita  minta warga saat dilakukan pengecekan dukungan untuk menyediakan alat tulis sendiri, seperti kertas dan pena. Tujuannya untuk antisipasi penularan Covid-19,” ungkap Emex Verzoni.

Proses tahapan vertual dimulai 24 Juni sampai 29 Juni 2020 batas penyerahan bukti dukungan kepada Panitia Pemungutan Suara (PPS). Dilanjutkan verifikasi faktual (vertual) di lapangan oleh petugas hingga 12 Juli mendatang.

“Kita juga mengimbau agar personel PPS setempat bekerja secara profesional di lapangan. Dalam artian, vertual harus dilakukan kesungguhan dengan metode sensus door to door,” tambah Emex.

Menurut Emex, bila dalam vertual di lapangan ada kendala, misalnya  tidak bisa bertemu langsung warga yang mendukung, maka tim LO (Liaison Officer) bakal paslon yang akan mengumpulkan di suatu tempat untuk dicek oleh personel di lapangan. “Untuk pertemuan mengumpulkan orang tersebut nantinya ada ketentuan yang berlaku. Salah satunya dengan mengedepankan protokol kesehatan,” tukasnya.

Seperti diketahui 6 pasangan calon bupati/wakil bupati di Provinsi Bengkulu yang lolos tahap awal dalam penyerahan dukungan KTP di KPU setempat. Yakni di Kabupaten Bengkulu Selatan ada tiga pasangan, Aliman Siana-Nurmansyah Samid, Bambang Suseno-Johari Salim, serta Yogi Pramadani-Suhirman Majid. Di Kabupaten Kepahiang ada satu pasangan calon yakni Edi Sunandar-Ice Rakizah. Kabupaten Lebong juga satu pasangan calon Armansyah-Masropen. Kabupaten Rejang Lebong satu pasangan calon Syamsul Efendi-Hendra Wahyudi. (new)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: