HONDA

SMSI Deklarasikan Media Siber, Siap Sukseskan Pilkada 2020

SMSI Deklarasikan Media Siber, Siap Sukseskan Pilkada 2020

BENGKULU - Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Provinsi Bengkulu menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) dan launching News Room siberindo.co, Rabu (26/8) siang di Ballroom Hotel Mercure Bengkulu. Kegiatan ini sekaligus Deklarasi Media Siber untuk Sukseskan Pilkada 2020.

Gubernur Bengkulu, Dr. H. Rohidin Mersyah, MMA mengatakan, dirinya sangat mendukung penuh kegiatan yang digelar SMSI Bengkulu tersebut. Ia berharap kegiatan tersebut dapat mengangkat citra Bengkulu dari sisi media. Media harus proporsional dan profesional menampilkan pemberitaan-pemberitaan daerah.

"Saya kira fungsi itu ada pada teman-teman media. Saya sebagai pimpinan daerah tentu ingin melihat daerah ini maju dengan segala progresifnya, tapi tentu akan ditopang sekali dengan peran media. Maka keberadaan media siber digital ini sangat penting apalagi pemberitaannya cepat, murah dan bisa menjangkau semua orang," ungkap Gubernur.

Ditambahkannya, dirinya berharap media dapat memberikan edukasi yang mendidik tanpa membuat masyarakat resah. "Boleh kita menampilkan data dan informasi yang menampilkan langkah-langkah yang mungkin menjadi kelemahan kita, tapi jangan membuat masyarakat ketakutan, itu yang penting," tambahnya.

Sementara itu, Ketua SMSI Bengkulu, Wibowo Susilo mengatakan, deklarasi tersebut digagas dengan tujuan di tengah menghadapi momen Pilkada, media harus bersikap independen. Dirinya menyampaikan, SMSI berharap media siber terkhusus yang ada di Bengkulu dalam Pilkada tidak memberikan informasi hoax dan juga berkonten SARA. Terlebih lagi media jangan sampai menjadi alat bagi calon kepala daerah yang disalahgunakan.

"Kita sadari bersama media online dan media sosial adalah dua hal yang saling berkaitan. Kalau media ini sudah menjadi provokatif maka masyarakat yang akan menjadi korban. Kita ingin Pilkada ini kita rayakan dan sambut bersama-sama," ujarnya.

Acara tersebut dibuka langsung oleh Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah. Turut hadir, Dewan Penasehat SMSI Bengkulu Irjen Pol (Purn) Supratman, Kapolda Bengkulu Irjen Pol Teguh Sarwono, Wakil Ketua Dewan Pers Hendry Ch Bangun, Ketua Umum SMSI Pusat Firdaus, Wakil Walikota Bengkulu Dedy Wahyudi, Forkopimda serta seluruh pimpinan media siber Bengkulu. (tok)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: