HONDA

Awal April, Tambahan 335 Kasus Covid-19, Pemprov Bengkulu Siapkan 192 Ribu Masker

Awal April, Tambahan 335 Kasus Covid-19, Pemprov Bengkulu Siapkan 192 Ribu Masker

BENGKULU -  Memasuki minggu kedua April ini, Satuan Tugas Satgas Pencegahan Covid-19 Provinsi Bengkulu mencatat ada 335 kasus dari 1 hingga 11 April ini. Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Bengkulu Herwan Antoni menuturkan melihat hal ini, pihaknya terus mewanti-wanti agar semua masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Apalagi nanti, menjelang bulan Ramadan.

Dimana potensi berkerumun terbuka, untuk itu menurutnya jaga jarak dan pakai masker merupakan pilihan mutlak bagi setiap orang. Apalagi baru dipekan kedua April ini, jumlah kasus sudah mencapai tiga ratusan.

“Meskipun diawal tahun sempat menurun kasusnya. Jangan sampai acuh pada protokol kesehatan,” kata Herwan.

Dijelaskannya,  Covid-19 masih tetap diwaspadai, terutama bagi orang orang yang memiliki kontak erat dengan para lansia atau seseorang dengan komorbid (penyakit penyerta). Pasalnya, dua golongan ini sangat rentan,dan memiliki potensi kefatalan yang lebih besar bila dibandingkan dengan biasanya. Meskipun telah ada vaksin, namun tidak menjamin kebal terhadap virus ini. Bila tidak dibarengi dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan.

“Efektivitas vaksin itu baru maksimal di 28 hari sesudah suntik kedua. Ini pun tetap dibarengi dengan protokol kesehatan,” paparnya.

Ia memaparkan untuk tambahan kasus pada bulan ini, terjadi tambahan 23 kasus pada 1 April, kemudian 2 April ada 7 kasus, dan 3 April ada 6 kasus tambahan, di 4 April sebanyak 38 kasus. Lalu, 5 April ada tambahan 14 kasus. Kemudian, 6 April ada 28 kasus baru, 7 April sebanyak 42 kasus. Bahkan untuk 8 April kemarin ada 69 kasus, pada 9 April sebanyak 47 kasus, 10 April ada 16 kasus tambahan dan 11 April ada 45 kasus.

“Hari ini ( kemarin, red) ada 2 pasien positif Covid-19 dinyatakan meninggal, sehingga jumlah keseluruhan Pasien Covid-19 dinyatakan meninggal sebanyak 155 pasien,” jelasnya.

Selain itu, untuk jumlah pasien Covid-19 yang dinyatakan sembuh hingga kemarin, tercatat ada 5.191 pasien. Sedangkan untuk keseluruhan jumlah kasus konfirmasi positif Covid-19 sebanyak 5.794 kasus. Dan untuk suspek sendiri hingga saat ini mencapai 8.135 orang.

“Dan ada 448 kasus konfirmasi aktif , yang sebagian melakukan isolasi mandiri dan ada juga beberapa dirawat di rumah sakit,” papar Herwan.

Terpisah, Sekretaris Satgas Pencegahan Covid-19 Provinsi Bengkulu, Rusdi Bakar menyampaikan untuk mengantisipasi terjadinya penyebaran Covid-19. Pemprov Bengkulu saat ini telah memiliki stok ribuan masker. Yang rencana akan segera dibagikan ke kabupaten kota. “Ada 192 ribu pisce masker medis, ini sebenarnya akan kita bagikan ke kabupaten kota. Namun, sesuai intruksi atasan kita kumpulkan dulu. Kita lihat dulu perkembangan Covid-19 ini,” kata Rusdi.

Ia menjelaskan dalam membagikan masker masker ini, ke kabupaten kota nanti berdasarkan jumlah kasus. Yang memang kasusnya masih tinggi ya itu kita tidak samakan dengan daerah lainnya. “Dan itu juga pastikan stok ribuan ini belum kita ganggu. Nanti kita atur pembagiannya,” tukasnya. (war)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: