HONDA

Kluster Makanan Khas Bengkulu Mampu Gerakkan Roda Ekonomi di Tengah Pandemi, Binaan BRI Unit Ratu Samban Kanca

Kluster Makanan Khas Bengkulu Mampu Gerakkan Roda Ekonomi di Tengah Pandemi, Binaan BRI Unit Ratu Samban Kanca

 

BENGKULU - Belum lengkap rasanya datang ke Bengkulu, kalau belum merasakan ragam kuliner khasnya.  Dari sekian banyak jenis tersebut, diantaranya adalah minuman sirup jeruk kalamansi, kue tat dan pendap vacum yang sudah menjadi ikon daerah.

Tak sulit menemuinya, di sepanjang jalan soekarno-hatta kota Bengkulu akan banyak dijumpai gerai – gerai penjualan makanan khas Bengkulu. Disetiap gerai, hampir dipastikan ketiga jenis kuliner di atas tersedia dikelola secara home industri, rata-rata oleh warga di kelurahan anggut Kecamatan Ratu Samban Kota Bengkulu.

Salah satu pengelola kuliner yang cukup menonjol adalah Ibu Gusti, yang sudah menekuni unit usahanya sejak 2010 lalu. Berkat bantuan modal dari BRI unit Ratu Samban, usahanya makin berkembang seiring dengan dibentuknya kelompok usaha pada 2012.

Gusti menyampaikan, sekarang dalam sebulan untuk pembuatan sirup kalamansi bisa menghabiskan sedikitnya 1 ton jeruk kalamansi dan 5 karung gula pasir jenis premium.  Dari sini, dia mampu menghasilkan sekurang-kurang nya 7.000 botol sirup kalamansi.

Harganya, per botol dipatok Rp 5.000. Adapun pemasarannya, selain di gerai sendiri juga disebar ke toko oleh-oleh di kota Bengkulu, Bandara Fatmawati hingga Indomaret. Saat ini, produk miliknya, sudah merambah Kota Lubuk Linggau (Sumsel) dan sudah tersebar di 250 gerai Indomaret.

Disampaikan, untuk wilayah luar Bengkulu dia bekerja sama dengan Sunter Square dan Mahakam square di Jakarta. Selain itu, promosi juga dilakukan melalui media online dengan terdaftar pada tokopedia dan Web Pasar BRI serta menjadi Bagian dari Brilian sahabat UMKM.

Atas kerja kerasnya, sederet penghargaan telah diraih,  baik tingkat daerah hingga nasional.  Diantaranya pemenang pertama UKM pangan Award 2016 untuk kategori minuman dalam kemasan skala usaha mikro kecil dari kementerian perdagangan RI yang diserahkan langsung Presiden RI Bapak Joko widodo.

Kemudian, menjadi Juara pertama Petani Teladan tingkat kota Bengkulu tahun 2019. Baca Selanjutnya >>>

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: