HONDA

Pengumunan PPDB Jalur Prestasi Dipanggil Satu per Satu, Wali Murid Berkerumunan di Dinas Pendidikan Kota Bengk

Pengumunan PPDB Jalur Prestasi Dipanggil Satu per Satu, Wali Murid Berkerumunan di Dinas Pendidikan Kota Bengk

 

BENGKULU - Dinas Pendidikan (Dispendik) Kota Bengkulu, (24/6) kembali ramai diserbu orangtua/ wali murid hingga menyebabkan kerumunan.

Hari ini merupakan pengumuman hasil seleksi calon siswa SMP yang mendaftar Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) melalui jalur prestasi, afirmasi dan pindah. BACA JUGA: Titip Anak ke KK Kerabat, Cara Orangtua Akali PPDB Jalur Zonasi

Pengumuman hasil seleksi jalur prestasi, afirmasi dan pindah ini tidak dilakukan secara terbuka dengan menempelkan nama-nama siswa yang lulus maupun tidak lulus di papan pengumunan.

Meskipun orangtua/wali murid dipanggil satu persatu untuk mengetahui lulus dan tidak lulusnya, namun kerumunan saat antri menunggu panggilan tetap terjadi.

"Kita masih menunggu pengumumuman. Ini sudah dari tadi pagi tapi belum juga selesai,” kata Susi salah satu wali murid yang ditemui di Kantor Dinas Pendidikan Kota Bengkulu masih menunggu hingga sore.

Lebih lanjut terang Susi, nama mereka dipanggil satu persatu. Lalu panitia akan memberikan map yang berisikan pernyataan lulus atau tidak lulusnya anak tersebut di SMP yang dituju.

Apabila lulus maka selanjutnya Senin (28/6), dapat mendatangi SMP yang dituju untuk melakukan pendaftaran ulang.

Susi menambahkan,  jika memilih jalur prestasi akademik maka calon siswa tersebut di seleksi langsung oleh sekolah asal sang anak. Nilai yang di ambil bukan dari nilai raport terakhir tapi dari kelas 4 SD hingga kelas 6 SD.

"Jadi banyak juga wali murid yang salah tanggap soal jalur prestasi akademik. Misalnya sekolah itu ada 60 orang siswa itu diseleksi kalau masuk kriteria nanti sekolah mengeluarkan surat pernyataan bahwa anak kita berprestasi," beber Susi.

Diketahui total ada 547 pendaftar, yaitu 309 orang mendaftar melalui jalur prestasi, 211 jalur afimarsi, dan 27 jalur perpindahan orangtua. BACA JUGA: Wali Murid Ramai-ramai Datangi Dinas Pendidikan, Keluhkan PPDB Jalur Prestasi

Bagi yang tidak lulus jalur prestasi, masih memiliki kesempatan untuk mendapatkan sekolah melalui jalur zonasi. PPDB jalur zonasi ini akan dibuka mulai tanggal 28 Juni hingga 5 Juli 2021. Adapun cara melakukan daftar sistem zonasi yakni, wali murid dan calon siswa langsung datang ke sekolah yang diinginkan. Baca Selanjutnya >>>

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: