HONDA

Pemprov Bengkulu Ajukan Izin Job Fit Eselon

Pemprov Bengkulu Ajukan Izin Job Fit Eselon

BENGKULU - Hingga saat ini Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu masih menunggu izin Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk melakukan job fit terhadap eselon II. Ini disampaikan oleh Sekda Provinsi Bengkulu, Hamka Sabri. Ia menjelaskan bahwa Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Bengkulu baru mengajukan permohonan kepada Kemendagri untuk mendapatkan izin tersebut.

“Pertama itu untuk melakukan job fit untuk eselon yang sudah ada saat ini. Jadi job fit ini bukan lelang, job fit di internal seluruh OPD yang sudah ada. Kemudian, pengisian yang kosong dengan lelang," papar Hamka, kemarin.

Dijelaskannya, sebelum dilakukan lelang jabatan pimpinan OPD ini. Pihaknya terlebih dahulu akan melakukan evaluasi untuk eselon III dan IV. Yang juga untuk jadwalnya tengah disiapkan oleh BKD Provinsi Bengkulu. "Eselon III dan IV juga belum ada izin. Semuanya itu harus izin dengan Kemendagri. Mutasi ini kan belum diizinkan, kemungkinan dalam waktu dekat ini untuk mengisi kekosongan itu dengan Plt," jelas Hamka.

Kendati demikian, saat ini pihaknya masih mengikuti aturan, mengingat masa jabatan gubernur dan wakil gubernur belum 6 sejak dilantik. "Belum ada izin dari Kemendagri untuk melakukan mutasi, pengisian jabatan kosong di eselon II," tukasnya.

Untuk diketahui, 5 jabatan yang kosong tersebut diantaranya Sekretaris DPRD Provinsi Bengkulu, Kepala Dinas PMD, Karo Hukum,  Kepala Biro Bangda, dan Direktur Rumah Sakit Umum Daerah M. Yunus Bengkulu.

Sebelumnya, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Bengkulu, Diah Irianti menyampaikan pihaknya tengah mempersiapkan evaluasi untuk Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama. Bahkan tim panitia seleksi pun, sudah mulai dibentuk. Sehingga diperkirakan dalam waktu dekat ini evaluasi tersebut dapat dilakukan melalui job fit nantinya.

"Dari sisi tim sudah siap. Kalau untuk definitif itu mungkin nanti ada job fit. Itukan masih ada 5 jabatan kosong. Kalau sudah ada izinnya nanti kita urus," imbuhnya. Berkenaan dengan rencana untuk lelang jabatan ini, ia menjelaskan dalam waktu dekat ini pihaknya lebih dulu untuk melakukan evaluasi bagi para eselon II. Disamping itu juga, pemprov juga masih berproses dalam tahapan penyederhanaan eselon III dan IV. Pihaknya juga masih mempersiapkan proses tersebut. (war)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: