HONDA

Dibantu PLN, Komunitas Latun Bangun Rumah Edukasi Konservasi Penyu di Tapak Paderi

Dibantu PLN, Komunitas Latun Bangun Rumah Edukasi Konservasi Penyu di Tapak Paderi

 

BENGKULU – Komunitas Lestari Alam Laut Untuk Negeri (Latun) bakal membangun rumah edukasi konservasi penyu di kawasan Tapak Paderi, Kota Bengkulu. Pembangunan rumah konservasi penyu ini bisa terwujud atas sumbangsih PT PLN (Persero) Unit Induk Penyaluran dan Pusat Pengatur Beban Sumatera (UIP3BS).

"Jadi awalnya kita kirim proposal dulu ke Dinas Pariwisata Kota Bengkulu untuk meminta izin membangun rumah edukasi konservasi penyu yang akan kita bangun di Tapak Paderi ujung. Alhamdulillah diberi izin,” kata Direktur Latun Ari Anggoro.

Untuk diketahui, bantuan ini sudah yang ketiga kalinya pihak PLN bermitra dengan Latun. Bantuan pertama yang diberikan pihak PLN yakni budidaya penyu pada tahun 2019 nominal bantuan sebesar Rp 24 juta, yang kedua bantuan pemberdayaan ekonomi nelayan dengan program pondok singgah nelayan nominal bantuan sebesar Rp 20 juta.

"Alhamdullilah tahun ini pihak PLN memberi bantuan sebesar Rp 50 juta. Kita sangat berterima kasih sekali kepada pihak PLN terus memberi bantuan kepada Latun. Semoga apa yang kita harapkan sesuai dengan kenyataan," beber Ari.

Sementara itu, Manager PT. PLN (Persero) UIP3BS Wegig Agus. T mengatakan, hari ini pihaknya melakukan penyerahan bantuan terkait tanggung jawab sosial dan lingkungan (PJSL). PJSL merupakan salah satu program rutin PLN yang dilakukan setiap tahun.

"Ini sebagai bentuk selaras dengan misi PLN, salah satunya menjalankan bisnis usaha yang berwawasan lingkungan dan juga meningkatkan kehiduoan masyarakat sekitar itu misi kita. Ini merupakan program yang rutin kita lakukan setiap tahun nya," terang Wegig.

Lanjut Wegig, untuk tahun ini pihaknya telah memberi 2 bantuan kepada komunitas yang berbeda. Yang pertama memberi bantuan untuk membangun Taman Kanak-Kanak di Lahat nominalnya sebesar Rp 50 juta kemudian memberi bantuan kepada Komunitas Latun Bengkulu nominalnya sebesar Rp 50 juta. Namun, setiap tahun pihak PLN tidak bisa memastikan berapa bantuan yang bisa mereka berikan semuanya di atur oleh PLN pusat.

"Kedepan akan kita pilih komunitas-komunitas yang ada di Bengkulu untuk diberi bantuan," ujar Wegig.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Bengkulu Amrullah menambahkan, pihaknya sangat mendukung dan apresiasi sekali program pembangunan yang akan dibuat oleh komunitas Latun. Karena tujuannya jelas untuk meningkatkan perekonomian dan mengembangkan pariwisata yang ada di Bengkulu tentu pihaknya sangat setuju.

“Sambil mejam mata saja saya tanda tangan proposal mereka. Dispar siap untuk menggiring pembangunan mereka. Kami juga membebaskan Latun untuk mendirikan kantor di wilayah pariwisata itu juga bentuk dukungan kami kepada mereka," demikian Amrullah.

Penyerahan bantuan dari PT. PLN (Persero) UIP3BS secara simbolis kepada Lestari Alam Laut Untuk Negeri (Latun), Selasa (29/6). Ikut dihadiri oleh Kepala Dinas Pariwisata Kota Bengkulu, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Bengkulu, serta Lurah Kebun Keling. (cw1)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: