HONDA

Vaksin Dosis 1 Kosong, Puskesmas Hanya Layani Vaksinasi Dosis Kedua

Vaksin Dosis 1 Kosong, Puskesmas Hanya Layani Vaksinasi Dosis Kedua

 

BENGKULU - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bengkulu menyatakan bahwa saat ini ketersediaan stok vaksin di UPTD Gudang Farmasi Kota Bengkulu kosong. Hal tersebut berpengaruh dengan pelaksanaan vaksinasi di Puskesmas yang ada di Kota Bengkulu lantaran ketersediaan vaksin menipis dan tidak mendapatkan distribusi dari UPTD Gudang Farmasi.

Seperti yang terjadi di UPTD Puskesmas Nusa Indah, akibat stok vaksin di Kota Bengkulu kosong pihaknya tidak dapat melaksanakan vaksinasi dosis pertama untuk masyarakat. Kepala UPTD Puskesmas Nusa Indah, Mardiah SKM mengatakan, saat ini ketersediaan vaksin yang ada di Puskesmas Nusa Indah hanya vaksin lanjutan untuk dosis kedua.

"Karena dari gudang memang kosong jadi berpengaruh dengan kita, stok vaksin kita untuk dosis pertama juga kosong. Yang saat ini kita miliki hanya stok vaksin untuk dosis kedua yang diperuntukkan bagi masyarakat yang sudah terdata pada dosis pertama," sampainya, Sabtu (31/7).

Tambahnya, saat ini stok vaksin dosis pertama saat ini kosong sementara stok vaksin untuk dosis kedua hanya tersedia sebanyak 6 vial atau 60 dosis suntikan. Untuk itu, pihaknya hanya dapat melakukan pelayanan vaksinasi dosis kedua yang dapat diselenggarakan pada hari Senin hingga Rabu setiap pekannya.

"Pelayanan vaksinasi kita hanya buka hari Senin sampai Rabu, itupun untuk penyuntikan dosis kedua. Setiap hari kita membatasi hanyak sebanyak 20 suntikan. Kalau ini habis tentu kita juga akan menunggu pasokan vaksinasi dari pusat," tambahnya.

Hal serupa terjadi di UPTD. Puskesmas Sukameri. Kepala UPTD. Puskesmas Sukamerindu drg. Fitri Tiarsari Andriarti menyebutkan saat ini pihaknya hanya melayani vaksinasi dosis kedua.

"Kalau kita hanya melayani vaksinasi untuk penyuntikan atau dosis kedua karena saat ini vaksin kita yang tersedia hanya untuk vaksinasi dosis kedua sebanyak 45 vial atau 450 dosis. Ini pun hanya diperkirakan cukup untuk satu minggu," ungkap Fitri.

Tambahnya di Puskesmas Sukamerindu sendiri saat ini masih tersedia stok vaksin dosis pertama yakni sebanyak 150 dosis. Namun saat ini pihaknya belum dapat mengoptimalkan vaksinasi dosis pertama.

"Kita utamakan dosis kedua dulu pasca pelaksanaan vaksinasi massal kemarin, karena sudah masuk jadwal bagi penerima vaksin tersebut untuk dosis kedua," demikiannya.

Sebelumnya Dinkes Kota Bengkulu menyebutkan masih menunggu distribusi vaksin dari Pemerintah Pusat melalui provinsi yang saat ini memang kosong.(tok)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: