HONDA

Selain Vaksin, Obat-obatan Antivirus di Puskesmas juga Kosong

Selain Vaksin, Obat-obatan Antivirus di Puskesmas juga Kosong

   

BENGKULU - Selain ketersediaan vaksin Covid-19 kosong, hal serupa juga terjadi dengan ketersediaan obat-obatan antivirus untuk pasien Covid-19 di beberapa Fasilitas Pelayanan Kesehatan (Fasyankes) yang ada di Kota Bengkulu.

Seperti yang terjadi di UPTD Puskesmas Nusa Indah, pihak puskesmas menyebutkan bahwa sudah sejak dua pekan terakhir ketersediaan obat-obatan antivirus kosong.

Hal tersebut terjadi karena dampak meningkatnya kasus Covid-19. BACA JUGA: Vaksin Dosis 1 Kosong, Puskesmas Hanya Layani Vaksinasi Dosis Kedua

"Obat antivirus sekarang kita sudah kosong karena meningkatnya kasus Covid-19. Pelayanan kita pun menjadi terhambat dengan tidak tersedianya obat antivirus ini," sebut Kepala UPTD Puskesmas Nusa Indah, Mardiah SKM.

Dengan kekosongan tersebut, pihak puskesmas hanya mampu melakukan penanganan dan memberikan obat untuk pasien sesuai gejala yang dialami.

"Beberapa pasien reaktif kita tidak mendapatkan obat sehingga kita hanya memberikan obat-obatan sesuai keluhan apa yang disampaikan pasien tersebut sesuai konsultasi dari dokter yang kita miliki. Misalkan pasien mengalami batuk kita beri obat batuk dan vitamin yang ada di puskesmas," tambahnya.

Pihaknya menyebutkan, sempat mendapatkan tekanan dari pihak keluarga pasien lantaran tidak mendapatkan obat-obatan antivirus.

Namun untuk sementara pihaknya hanya mempu memberikan obat sesuai keluhan dan vitamin bagi pasien reaktif.

Begitupun di UPTD Puskesmas Sukamerindu mengalami kondisi yang sama. Obat-obatan antivirus juga mengalami kekosongan.

"Memang ketersediaan obat antivirus kita sedang kosong di gudang farmasi. Tapi kami tetap membantu apabila ada pasien yang merasakan gejala dengan menghilangkan gejalanya dengan obat yang tersedia seperti multivitamin dan antibiotik," beber Kepala UPTD Puskesmas Sukamerindu drg. Fitri Tiarsari Andriarti.

Menindaklanjuti kekosongan obat antivirus ini, pihaknya sudah berupaya untuk mendapatkan obat antivirus dengan terus mengusulkan pendistribusian ketersediaan obat-obatan antivirus. BACA JUGA: PPKM Level 4 Jangan Sampai Terus Berlanjut, Bakal Berdampak Semua Sektor

Guna memenuhi kebutuhan pasien yang memiliki gejala yang datang ke puskesmas. (tok) Simak Video Berita 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: